Abstract:
Afnand Rochmawati (11915021), Pengaruh Brand Image dan
Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Uniqlo Pada Mahasisawa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Pontianak. Skripsi: Program
Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri Pontianak 2023.
Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh antara
brand image secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Uniqlo. 2)
Pengaruh yang signifikan antara lifestyle secara parsial terhadap keputusan
pembelian produk Uniqlo. 3) Pengaruh antara brand image dan Lifestyle
secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Uniqlo pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pontianak.
Penelitian ini merupakan peneliti menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode asosiatif. Sampel yang diambil sebanyak 100
responden yang merupakan pembeli Uniqlo yaitu mahasiswa Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pontianak. Teknik pengambilan sample
yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data
dengan menggunakan instrumen data kuesioner yang disebarkan kepada
para mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (IAIN) Pontianak.
Kemudian data yang didapat diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS
versi 20.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Brand image
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk
Uniqlo. Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik uji t (parsial) untuk
variabel brand image, dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel (18,222 >
0,197 ) dan dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, serta
koefisien regresi dari variabel brand image sebesar 0,851 atau bernilai
positif. 2) Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian produk Uniqlo. Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik uji t
(parsial) untuk variabel lifestyle, dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel
(17,312 > 0,197 ) dan dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05,
serta koefisien regresi dari variabel lifestyle sebesar 0,738 atau bernilai
positif. 3) Brand image dan lifestyle berpengaruh secara simultan terhadap
keputusan pembelian pada produk Uniqlo dari hasil pengujian
menggunakan uji F diperoleh nilai f hitung sebesar 239,780 dan nilai f
tabel sebesar 3,09. Sedangkan nilai signifikansinya (0,000 < 0,05) dan nilai
f hitung > f tabel (239,780 > 3,09).