Abstract:
Fauziah, 2024“Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA 4 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024” Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data awal bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI masih rendah. Hal ini diduga disebabkan salah satunya karena guru masih menggunakan model dan metode pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu penelitian ini menawarkan penggunaan model kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; 2) hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; 3) signifikansi penggunaan model pembelajara kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MAN 1 Pontianak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan September tahun 2023 sampai dengan bulan November tahun 2023 di MAN 1 Pontianak. Sumber data penelitian ini adalah daftar nilai peserta didik dan nilai hasil tes dari guru mata pelajaran SKI serta situasi proses pembelajaran SKI. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang dilakukan mencakup analisis hasil belajar peserta didik dalam tes evaluasi.
Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI. Secara khusus, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1) hasil belajar peserta didik kelas X IPA 4 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelum menggunakan strategi Jigsaw ketuntasan hasil belajar baru mencapai 53 %. 2) hasil belajar peserta didik pada saat menggunakan model Jigsaw di kelas X IPA 4 yaitu di siklus I rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 60,52%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 81,57%. 3) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan model Jigsaw pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini dibuktikan dengan adanya persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar dari pra-siklus ke siklus I sebesar 13,52%, dan dari siklus I ke siklus II sebesar 21,05%.