Abstract:
Silvigiyani, Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan disiplina Belajar Siswa Madrasah Aliyah Kelas XI Mathla’ul Anwar Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institus Agama Islam Negri Pontianak tahun 2024 M/1445 H.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Upaya Guru BK dalam Meningkatkan disiplin Belajar Siswa Madrasah Aliayah kelas XI Mathla’ul Anwar dengan sub-sub pembahasan sebagai berikut: Pertama, upaya Guru BK dalam meningkatkan disiplin waktu; kedua, mendeskripsikan upaya Guru BK dalam meningkatkan disiplin perbuatan siswa Mathla’ul Anwar: ketiga, mendeskripsikan upaya Guru BK dalam meningkatkan disiplin mentaati tata tertib siswa Mathla’ul Anwar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa: obsevasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa: kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Sedangkan teknik keabsahan data berupa trianggulasi (waktu, teknik), member check dan perpanjang pengamatan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Upaya Guru BK dalam meningkatkan disiplin waktu tidak terlepas dari garis besar peraturan Madrasah Mathla’ul Anwar seperti melakukan konseling kepada siswa, memberi motivasi serta memberi sanksi kepada siswa yang melanggar peraturan. 2) Upaya dalam meningkatkan disiplin perbuatan Guru BK telah melakukan berbagai macam konseling seperti konseling tentang kesulitan belajar dan evaluasi terdapat siswa yang tidak disiplim perbuatan seperti malas dalam belajar. 3) Upaya dalam meningkatkan disiplin tata tertib Guru BK telah melakukan sesuai dengan tata tertib Madrasah yang telah berlaku dan selalu mengontrol terdapat siswa yang kurang disiplin dalam berpakaian.