UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH KELAS XI DI MATHLA'UL ANWAR PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurnanto, M.Edi
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author SILVIGIYANI, SILVIGIYANI
dc.date.accessioned 2024-05-15T01:28:29Z
dc.date.available 2024-05-15T01:28:29Z
dc.date.issued 2024-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4622
dc.description.abstract Silvigiyani, Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan disiplina Belajar Siswa Madrasah Aliyah Kelas XI Mathla’ul Anwar Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institus Agama Islam Negri Pontianak tahun 2024 M/1445 H. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Upaya Guru BK dalam Meningkatkan disiplin Belajar Siswa Madrasah Aliayah kelas XI Mathla’ul Anwar dengan sub-sub pembahasan sebagai berikut: Pertama, upaya Guru BK dalam meningkatkan disiplin waktu; kedua, mendeskripsikan upaya Guru BK dalam meningkatkan disiplin perbuatan siswa Mathla’ul Anwar: ketiga, mendeskripsikan upaya Guru BK dalam meningkatkan disiplin mentaati tata tertib siswa Mathla’ul Anwar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa: obsevasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa: kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Sedangkan teknik keabsahan data berupa trianggulasi (waktu, teknik), member check dan perpanjang pengamatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Upaya Guru BK dalam meningkatkan disiplin waktu tidak terlepas dari garis besar peraturan Madrasah Mathla’ul Anwar seperti melakukan konseling kepada siswa, memberi motivasi serta memberi sanksi kepada siswa yang melanggar peraturan. 2) Upaya dalam meningkatkan disiplin perbuatan Guru BK telah melakukan berbagai macam konseling seperti konseling tentang kesulitan belajar dan evaluasi terdapat siswa yang tidak disiplim perbuatan seperti malas dalam belajar. 3) Upaya dalam meningkatkan disiplin tata tertib Guru BK telah melakukan sesuai dengan tata tertib Madrasah yang telah berlaku dan selalu mengontrol terdapat siswa yang kurang disiplin dalam berpakaian. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Upaya Guru BK en_US
dc.subject Kedisiplinan en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.title UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH KELAS XI DI MATHLA'UL ANWAR PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account