Abstract:
ARIF HUSNAINI, 2024. Kreatifitas Guru Fiqih Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Variatif di MIN 2 Sambas Tahun Ajar 2023/2024, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreatifitas guru fiqih dalam menggunakan media pembelajaran variatif. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini, untuk mengetahui; 1) Kreativitas guru fiqih dalam menggunakan media pembelajaran variatif MIN 2 Sambas 2) Media pembelajaran variatif yang digunakan guru fiqih di MIN 2 Sambas. 3) Langkah penyajian materi pembelajaran yang kreatif dari guru dengan menggunakan media pembelajaran variatif di MIN 2 Sambas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini, dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di MIN 2 Sambas. Adapun responden dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru mata pelajaran fiqih, dan peserta didik MIN 2 Sambas.
Adapun hasil penelitian, ini yaitu ; 1) Kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran variatif di MIN 2 Sambas dapat membuat guru menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih menarik.. 2) Terdapat tiga media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran media pembelajaran visual, audio, dan audiovisual. penggunaan media tentunya memerhatikan kondisi dan materi yang disampaikan 3) Langkah penyajian materi dengan menggunakan media pembelajaran variatif mulai dari persiapan yaitu mempersiapkan rancangan pembelajaran dan mencantumkan media yang akan digunakan sesuai dengan materi Fiqih yang akan diajarkan , penyajian melengkapi atau memastikan bahwa semua media pembelajaran sudah siap untuk digunakan dalam proses pembelajaran, serta guru harus menjelaskan tujuannya terlebih dahulu kepada peserta didik apa yang harus dilakukan pada saat proses pembelajaran sedang berlansung., tindak lanjut guna memantapkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan dibahas dengan menggunakan media, agar dapat mengukur efektifitas pembelajaran yang telah dilakukannya, dan evaluasi pembelajaran penggunaan media variatif ini tentunya harus dipersiapkan dengan baik guna memudahkan tercapainya materi dan tujuan pembelajaran media yang digunakan juga harus didukung metode pembelajaran yang tepat memilih metode harus disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan, kemudian melihat ketersediaan waktu.