KREATIVITAS GURU FIQIH DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VARIATIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.author HUSNAINI, ARIF
dc.date.accessioned 2024-05-14T06:58:33Z
dc.date.available 2024-05-14T06:58:33Z
dc.date.issued 2024-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4618
dc.description.abstract ARIF HUSNAINI, 2024. Kreatifitas Guru Fiqih Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Variatif di MIN 2 Sambas Tahun Ajar 2023/2024, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreatifitas guru fiqih dalam menggunakan media pembelajaran variatif. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini, untuk mengetahui; 1) Kreativitas guru fiqih dalam menggunakan media pembelajaran variatif MIN 2 Sambas 2) Media pembelajaran variatif yang digunakan guru fiqih di MIN 2 Sambas. 3) Langkah penyajian materi pembelajaran yang kreatif dari guru dengan menggunakan media pembelajaran variatif di MIN 2 Sambas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di MIN 2 Sambas. Adapun responden dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru mata pelajaran fiqih, dan peserta didik MIN 2 Sambas. Adapun hasil penelitian, ini yaitu ; 1) Kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran variatif di MIN 2 Sambas dapat membuat guru menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih menarik.. 2) Terdapat tiga media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran media pembelajaran visual, audio, dan audiovisual. penggunaan media tentunya memerhatikan kondisi dan materi yang disampaikan 3) Langkah penyajian materi dengan menggunakan media pembelajaran variatif mulai dari persiapan yaitu mempersiapkan rancangan pembelajaran dan mencantumkan media yang akan digunakan sesuai dengan materi Fiqih yang akan diajarkan , penyajian melengkapi atau memastikan bahwa semua media pembelajaran sudah siap untuk digunakan dalam proses pembelajaran, serta guru harus menjelaskan tujuannya terlebih dahulu kepada peserta didik apa yang harus dilakukan pada saat proses pembelajaran sedang berlansung., tindak lanjut guna memantapkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan dibahas dengan menggunakan media, agar dapat mengukur efektifitas pembelajaran yang telah dilakukannya, dan evaluasi pembelajaran penggunaan media variatif ini tentunya harus dipersiapkan dengan baik guna memudahkan tercapainya materi dan tujuan pembelajaran media yang digunakan juga harus didukung metode pembelajaran yang tepat memilih metode harus disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan, kemudian melihat ketersediaan waktu. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kreativitas en_US
dc.subject Media Pembelajaran Variatif en_US
dc.subject Guru Fiqih en_US
dc.title KREATIVITAS GURU FIQIH DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VARIATIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account