Abstract:
MOHNIAR 11711212 Metode Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Murid di TPA Al-Anshor Desa Madusari Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.
Penelitian ini tujuan untuk mengetahui 1. Bagaimana metode yang diterapkan di TPA Al-Anshor Desa Madu Sari. 2. Bagaimana perlakuan guru terhadap perbedaan kemampuan peserta didik yang ada di TPA Al-Anshor Desa Madu Sari. 3. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam upaya guru untuk membantu peserta didik yang lambat dalam menyerap pelajaran di TPA Al-Anshor Desa Madu Sari.
Untuk mencapai tujuan yang diharapakan dalam penelitian ini Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Menurut Sugiyono (20018: 63) bahwa penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian kualitatif yaitu penelitian untuk menjawab masalah-masalah yang memerlukanpenjelasan secara mendalam dalam konteks waktu dan situasi yang bersangkutan, dilakukan secara wajar dan alami sesuai kondisi objek yang ada dilapangan tanpa adanya manipulasi, dan data yang dikumpulkan adalah data kualitatif.
Hasil dari peneliti ini adalah: penelitian 1. Metode Baca tulis Al-Qur’an yang diterapkan di TPA Al-Anshor Desa Madu Sari. Metode Baca tulis Al-Qur’an TPA Al-Anshor Desa Madu Sari menggunakan metode iqri Hasil wawancara Peneliti terhadap tiga responden TPA Al-Anshor Desa Madu Sari Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Dikerenakan sebagai berikut: a. Metode Iqra Untuk memperlancar bacaan para dewan guru TPA Al-Anshor Desa Madu Sari Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya juga menggunakan materi sebagai berikut: 1). Makharijul Huruf 2). Ilmu Tajwid 1. Perilakuan guru terhadap perbedaan kemampuan peserta didik yang ada di TPA Al-Anshor Desa Madu Sari. Perlakuan guru terhadap perbedaan kemampuan peserta didik yang ada di TPA Al-Anshor Desa Madu Sari dari tiga responden menyembutkan sebagai berikut:1. Menambah Waktu Mengajar. 2. Memberikan motivasi 3. Meningkatkan belajaran 4.Bekerja sama dengan wali murid 1. Faktor pendukung dan penghambat dalam upaya guru untuk membantu peserta didik yang lambat dalam menyerap pelajaran di TPA Al-Anshor Desa Madu Sari. a. Faktor Pendukung b. Faktor Penghambat