Abstract:
ACHMAD JULIANSYAH, Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membimbing Akhlakul Karimah Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Pematang Tujuh Tahun Ajaran 2022-2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Imu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun 2023.
Yang melatar belakangi penelitian ini adalah siswa MTs Al-Huda Pematang Tujuh kelas VIII menunjukan atau sikap/ akhlak yang kurang baik seperti siswa saling bersikap ingin menang sendiri, berbicara kepada teman ketika guru sedang menjelaskan dan mengeluarkan ucapan yang tidak pantas untuk diucapkan terhadap teman, bahkan melawan guru saat siswa di tegur oleh guru hal ini terjadi ketika guru yang mereka hadapi guru yang berusia muda berbeda halnya dengan guru yang mereka segani atau lebih senior
Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan atau memaparkan: 1) Bagaimana upaya guru dalam membimbing akhlakul karimah siswa melalui mata pelajaran Akidah Akhlak di Mts Al-Huda Pematang Tujuh. 2) Apa saja faktor pendukung dalam membimbing akhlakul karimah siswa melalui mata pelajaran Akidah Akhlak di Mts Al-Huda Pematang Tujuh. 3) Apa saja faktor penghambat dalam membimbing akhlakul karimah siswa melalui mata pelajaran Akidah Akhlak di Mts Al-Huda Pematang Tujuh.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif (Qualitative research), yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok.
Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan: 1) Upaya guru dalam membimbing akhlakul karimah siswa melalui mata pelajaran Akidah Akhlak di Mts Al-Huda Pematang Tujuh. 2) Faktor pendukung dalam membimbing akhlakul karimah siswa melalui mata pelajaran Akidah Akhlak di Mts Al-Huda Pematang Tujuh. 3) Faktor penghambat dalam membimbing akhlakul karimah siswa melalui mata pelajaran Akidah Akhlak di Mts Al-Huda Pematang Tujuh.