Abstract:
ELA PRATIWI. Keterampilan Guru Dalam Membuka dan Menutup Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI Ilmu Agama Islam (IAI) Di MAN 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan bagaimana keterampilan guru dalam membuka pembelajaran pada siswa kelas XI Ilmu Agama Islam (IAI) di MAN 1 Pontianak, 2) Untuk Mendeskripsikan bagaimana keterampilan guru dalam menutup pembelajaran pada siswa kelas XI Ilmu Agama Islam (IAI) di MAN 1 Pontianak, 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran pada siswa kelas XI Ilmu Agama Islam (IAI) di MAN 1 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data di antaranya melalui Observasi, Wawancara terpimpin (interview guide) serta dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan, sedangkan teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Dari hasil data yang telah diperoleh pada penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Keterampilan guru dalam membuka pembelajaran saat mengajar di kelas XI IAI adalah seperti salam pembuka saat membuka pembelajaran, absen kelas untuk mengetahui kehadiran siswa, membangkitkan perhatian atau minat siswa saat membuka pembelajaran, variasi mengajar dan pola interaksi saat membuka pembelajaran, menumbuhkan motivasi saat membuka pembelajaran, memberi acuan saat membuka pembelajaran, mengajukan pertanyaan serta mengingatkan pokok materi yang akan dipelajari dan membuat kaitan saat membuka pembelajaran. 2) Keterampilan guru dalam menutup pembelajaran saat mengajar di kelas XI IAI yang terdiri dari meninjau kembali, mengevaluasi saat di akhir pembelajaran, memberi penguatan serta memberi tindak lanjut pada siswa saat menutup pembelajaran. 3) Kemudian faktor pendukung yang dialami guru saat membuka dan menutup pembelajaran di kelas XI IAI yaitu: alat, media yang digunakan guru saat proses belajar mengajar, serta kondisi siswa yang kondusif. Kemudian untuk faktor penghambatnya yaitu: kondisi siswa yang kurang kondusif dan waktu yang terbatas saat proses pembelajaran.