KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI ILMU AGAMA ISLAM (IAI) DI MAN 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nugraha, Muhammad Tisna
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Nurhidayah, Vibry Andina
dc.contributor.author PRATIWI, ELA
dc.date.accessioned 2024-04-22T03:20:03Z
dc.date.available 2024-04-22T03:20:03Z
dc.date.issued 2024-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4580
dc.description.abstract ELA PRATIWI. Keterampilan Guru Dalam Membuka dan Menutup Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI Ilmu Agama Islam (IAI) Di MAN 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan bagaimana keterampilan guru dalam membuka pembelajaran pada siswa kelas XI Ilmu Agama Islam (IAI) di MAN 1 Pontianak, 2) Untuk Mendeskripsikan bagaimana keterampilan guru dalam menutup pembelajaran pada siswa kelas XI Ilmu Agama Islam (IAI) di MAN 1 Pontianak, 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran pada siswa kelas XI Ilmu Agama Islam (IAI) di MAN 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data di antaranya melalui Observasi, Wawancara terpimpin (interview guide) serta dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan, sedangkan teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Dari hasil data yang telah diperoleh pada penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Keterampilan guru dalam membuka pembelajaran saat mengajar di kelas XI IAI adalah seperti salam pembuka saat membuka pembelajaran, absen kelas untuk mengetahui kehadiran siswa, membangkitkan perhatian atau minat siswa saat membuka pembelajaran, variasi mengajar dan pola interaksi saat membuka pembelajaran, menumbuhkan motivasi saat membuka pembelajaran, memberi acuan saat membuka pembelajaran, mengajukan pertanyaan serta mengingatkan pokok materi yang akan dipelajari dan membuat kaitan saat membuka pembelajaran. 2) Keterampilan guru dalam menutup pembelajaran saat mengajar di kelas XI IAI yang terdiri dari meninjau kembali, mengevaluasi saat di akhir pembelajaran, memberi penguatan serta memberi tindak lanjut pada siswa saat menutup pembelajaran. 3) Kemudian faktor pendukung yang dialami guru saat membuka dan menutup pembelajaran di kelas XI IAI yaitu: alat, media yang digunakan guru saat proses belajar mengajar, serta kondisi siswa yang kondusif. Kemudian untuk faktor penghambatnya yaitu: kondisi siswa yang kurang kondusif dan waktu yang terbatas saat proses pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Keterampilan Guru en_US
dc.subject Membuka Dan Menutup Pembelajaran en_US
dc.title KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI ILMU AGAMA ISLAM (IAI) DI MAN 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account