dc.description.abstract |
AYU SARAH AGUSTIN. Pengaruh Penerapan Model Guided Inquiry
Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas V Pada
Materi Ekosistem di MIN 3 Pontianak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak, 2024.
Keterampilan proses sains penting dalam proses pembelajaran karena
untuk menemukan konsep pengetahuan harus melalui aspek-aspek
keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1)
keterampilan proses sains peserta didik kelas kontrol pada mata pelajaran IPA
materi ekosistem di MIN 3 Pontianak Kota tahun pelajaran 2023/2024; 2)
keterampilan proses sains peserta didik kelas eksperimen pada mata pelajaran
IPA materi ekosistem di MIN 3 Pontianak Kota tahun pelajaran 2023/2024;
3) pengaruh penerapan model guided inquiry learning terhadap keterampilan
proses sains peserta didik pada mata pelajaran IPA materi ekosistem di MIN
3 Pontianak Kota tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode true
experimental pre-test-post-test control group design. Populasi penelitian
adalah peserta didik kelas V MIN 3 Pontianak, sedangkan sampel penelitian
adalah peserta didik kelas V A dan V B. Teknik Sampling pada penelitian ini
menggunakan random sampling dan teknik pengumpulan data yakni tes dan
non tes. Untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan uji statistik
deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program SPSS Statistic
Version 25 for Windows.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) nilai rata-rata pre-test keterampilan proses sains
peserta didik kelas kontrol sebesar 75,42 dikategorikan tinggi dan post-test
sebesar 75,61 dikategorikan tinggi ; 2) nilai rata-rata pre-test keterampilan
proses sains peserta didik kelas eksperimen sebesar 67,59 dikategorikan
tinggi dan post-test sebesar 70,37 dikategorikan tinggi; 3) tidak adanya
pengaruh penerapan model guided inquiry learning terhadap keterampilan
proses sains peserta didik kelas V MIN 3 Pontianak. Hal ini dibuktikan
dengan uji selisih dengan nilai sig. (2 tailed) adalah 0,571 di mana uji
Independent Sample Test 0,571 > 0,05 artinya tidak ada pengaruh model
guided inquiry learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik
kelas V MIN 3 Pontianak. |
en_US |