PENGARUH TIPE JIGSAW BERBANTUAN JAM DINDING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN WAKTU KELAS V MIS AL-MUSTAQIM KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Basafpipana, Maha Lastasa Buju
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Mutmainnah, Fitri
dc.contributor.author SEPTIANDRI, PUTRI IDMA
dc.date.accessioned 2024-04-03T01:32:28Z
dc.date.available 2024-04-03T01:32:28Z
dc.date.issued 2024-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4549
dc.description.abstract PUTRI IDMA SEPTIANDRI, Pengaruh Tipe Jigsaw Berbantuan Jam Dinding Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Satuan Waktu Kelas V MIS Al-Mustaqim Kubu Raya. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Permasalahan pada penelitian ini membahas mengenai apakah terdapat pengaruh dari penggunaan tipe jigsaw berbantuan jam dinding terhadap hasil belajar matematika materi satuan waktu kelas V. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental design. Lokasi dalam penelitian ini yaitu MIS Al- Mustaqim Kubu Raya. Populasi penelitiannya seluruh peserta didik kelas V, sedangkan sampel penelitian adalah peserta didik kelas V A dan V B MIS Al-Mustaqim Kubu Raya. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa tes pilihan ganda, lembar observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas berupa validitas isi, dan validitas konstruk, uji homogenitas berupa mean dan persentase dan uji hipotesis berupa uji coefficients serta uji independent sample test. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh dari penggunaan tipe jigsaw berbantuan jam dinding terhadap hasil belajar matematika materi satuan waktu pada peserta didik kelas V MIS Al-Mustaqim Kubu Raya. Hal ini dibuktikan dengan hasil kelas eksperimen nilai rata-rata pretest 57,30 dan nilai rata-rata posttest yaitu 77,69 maka terdapat peningkatan antara pretest dan posttest di kelas eksperimen sebesar 20,39%. Hal ini juga dibuktikan dengan uji-t yang ditampilkan dan memperlihatkan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Tipe Jigsaw en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH TIPE JIGSAW BERBANTUAN JAM DINDING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN WAKTU KELAS V MIS AL-MUSTAQIM KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account