Abstract:
INDAH SAFITRI, Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett pada Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Wanita makhluk yang identik dengan keindahan, wanita selalu ingin tampil cantik dalam berbagai keadaan dan selalu ingin menjadi pusat perhatian bagi sekelilingnya seperti halnya juga mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam senang mempercantik diri dengan menggunakan berbagai macam kosmetik yang digunakan salah satunya kosmetik produk Scarlett.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: (1) pengaruh signifikan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Scarlett pada Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, (2) pengaruh signifikan harga terhadap keputusan pembelian produk Scarlett pada Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan (3) pengaruh signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Scarlett pada Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Terknik pengolahan data menggunakan uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, serta menganalisis data dengan menggunakan regresi linear berganda untuk membuktikan hipotesis penelitian dengan bantuan software SPSS 26 for windows.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Scarlett pada mahasiswi prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam karena nilai signifikan sebesar 0,158 > 0,05 dan t hitung sebesar 1,428 < t tabel 1,993, (2) variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Scarlett pada mahasiswi prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam karena nilai signifikan sebesar 0,870 > 0,05 dan t hitung sebesar 0,164 < t tabel 1,993, dan (3) variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Scarlett pada mahasiswi prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam karena nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung sebesar 4,741 > t tabel 1,993.