PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DIBANTU MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Achmad, Firdaus
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author ROSITA, HANIK AINUR
dc.date.accessioned 2024-03-19T03:08:45Z
dc.date.available 2024-03-19T03:08:45Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4519
dc.description.abstract HANIK AINUR ROSITA, Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Dibantu Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024. Tujuan penelitian untuk 1.Untuk mendeskripsikan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tema 1 subtema 1 peserta didik kelas IV SD Negeri 14 Trans I Suka Mulya tahun pelajaran 2022/2023 sebelum diterapkannya model pembelajaran Jigsaw dibantu media pop up book. 2. Untuk mengindentifikasi pelaksanaan model pembelajaran Jigsaw dibantu media pop up book dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tema 1 subtema 1 peserta didik kelas IV SD Negeri 14 Trans I Suka Mulya tahun pelajaran 2022/2023. 3. Untuk mendeskripsikan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tema 1 subtema 1 peserta didik kelas IV SD Negeri 14 Trans I Suka Mulya tahun pelajaran 2022/2023 setelah diterapkannya model pembelajaran Jigsaw dibantu media pop up book. 4. Untuk mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tema 1 subtema 1 peserta didik kelas IV SD Negeri 14 Trans I Suka Mulya tahun pelajaran 2022/2023 sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Jigsaw dibantu media pop up book. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pengukuran dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1. Sebelum dilaksanakan pembelajaran model Jigsaw dibantu media pop up book hasil belajar masih rendah. peserta didik yang tuntas sebanyak 9 orang atau setara dengan ketuntasan sebesar 33%. Peserta didik yang belum mencapai KKM (70) sebanyak 18 peserta didik atau setara dengan 67% . 2. Pelaksanaan penerapan model pembelajaran Jigsaw dibantu media pop up book untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pelaksanaan indikator pada penelitian ini terdapat 16 indikator/aspek, pada siklus I terlaksana sebanyak 16 aspek dengan ketutasan 26%, pada siklus II terlaksana sebanyak 16 aspek dengan ketuntasan 63% dan pada siklus III terlaksana sebanyak 16 aspek dengan ketuntasan 100%. 3. Berdasarkan hasil pada siklus I diketahui bahwa rata-rata sebesar 63,70 dari 7 orang peserta didik tuntas dengan persentase ketuntasan 26%. Pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan diketahui bahwa rata-rata nilai adalah 71,85 Sebanyak 17 orang dengan persentase ketuntasan 63%. Pada siklus III hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan diketahui bahwa rata-rata nilai adalah 78,51 dengan persentase ketuntasan 100% 4. Peningkatan hasil belajar IPS tema 1 subtema 1 kelas IV pada siklus I dinyatakan dengan tingkat ketuntasan 26% dinyatakan tidak tuntas karena memperoleh nilai di bawah KKM 70, meningkat pada siklus II dengan tingkat ketuntasan 63% dinyatakan tuntas karena memperoleh nilai diatas KKM 70 dan meningkat lagi pada siklus III dengan tingkat ketuntasan 100% dinyatakan tuntas karena memperoleh nilai diatas KKM 70. Maka data tersebut menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model Jigsaw dibantu media pop up book dari siklus I ke siklus III sebesar 74%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Model Jigsaw en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Pop Up Book en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DIBANTU MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account