dc.description.abstract |
AGUS ENDARSIH (11910183), Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dibantu dengan Media Animasi terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V pada Materi Volume Bangun Ruang di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi belajar peserta didik kelas V melalui penggunaan model discovery learning dibantu dengan media animasi pada materi volume bangun ruang di SDN 09 Pontianak Utara.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif, metode True Ekxperiment dengan desain Pretest – Posttest with Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas V SDN 09 Pontianak Utara. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data berupa Analisis Instrumen dan Analisis Deskriptif serta uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney.
Berdasarkan analisis data penelitian ini, maka dapat disimpulkan: Pertama, prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas V di SDN 09 Pontianak Utara untuk kelas kontrol nilai rata-rata pretest 37,40 dan nilai rata-rata posttest-Nya 41,67 terjadi peningkatan dari pretest ke posttest 4,3. Kedua, penggunaan model pembelajaran discovery learning dibantu dengan media animasi terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V pada materi volume bangun ruang di SDN 09 pontianak utara Tahun Pelajaran 2023/2024 telah terlaksana sebesar 100%. Ketiga, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 41,67 dan nilai rata-rata nilai posttest 65,93 maka terdapat peningkatan antara pretest ke posttest di kelas eksperimen sebesar 24,3. Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model discovery learning dibantu dengan media animasi terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V pada materi volume bangun ruang di SDN 09 Pontianak Utara. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney maka Ho ditolak dan Ha diterima. |
en_US |