PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIBANTU DENGAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG DI SDN 09 PONTIANAK UTARA TAHUN AJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author ENDARSIH, AGUS
dc.date.accessioned 2024-03-13T01:05:00Z
dc.date.available 2024-03-13T01:05:00Z
dc.date.issued 2024-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4440
dc.description.abstract AGUS ENDARSIH (11910183), Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dibantu dengan Media Animasi terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V pada Materi Volume Bangun Ruang di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi belajar peserta didik kelas V melalui penggunaan model discovery learning dibantu dengan media animasi pada materi volume bangun ruang di SDN 09 Pontianak Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif, metode True Ekxperiment dengan desain Pretest – Posttest with Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas V SDN 09 Pontianak Utara. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data berupa Analisis Instrumen dan Analisis Deskriptif serta uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Berdasarkan analisis data penelitian ini, maka dapat disimpulkan: Pertama, prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas V di SDN 09 Pontianak Utara untuk kelas kontrol nilai rata-rata pretest 37,40 dan nilai rata-rata posttest-Nya 41,67 terjadi peningkatan dari pretest ke posttest 4,3. Kedua, penggunaan model pembelajaran discovery learning dibantu dengan media animasi terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V pada materi volume bangun ruang di SDN 09 pontianak utara Tahun Pelajaran 2023/2024 telah terlaksana sebesar 100%. Ketiga, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 41,67 dan nilai rata-rata nilai posttest 65,93 maka terdapat peningkatan antara pretest ke posttest di kelas eksperimen sebesar 24,3. Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model discovery learning dibantu dengan media animasi terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V pada materi volume bangun ruang di SDN 09 Pontianak Utara. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney maka Ho ditolak dan Ha diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Discovery Learning en_US
dc.subject Media Animasi en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIBANTU DENGAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG DI SDN 09 PONTIANAK UTARA TAHUN AJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account