Abstract:
HINDUN, 11911036, Proses Pembelajaran Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Raudhatul Athfal As-Sajdah Makkiyah Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontoanak, 2023.
Dalam penelitian ini terdapat latar belakang masalah yang menjadi acuan peneliti untuk menggali lebih jauh akar masalah serta penyelesaian yang ingin dicapai peneliti di RA As-Sajdah Makkiyah Pontianak. Keterbatasan pendengaran pada anak tuna rungu menghambat proses pembelajaran salah satu cara agar anak tuna rungu bisa berkomunikatif dengan anak dengar ialah dengan menggunakan proses pembelajaran inklusi. Dengan hal ini anak tuna rungu dapat menyesesaikan tugas apa yang diberikan oleh pendidik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kurikulum yang di terapkan pada pembelajaran inklusi bagi anak berkebutuhan khusus (2) Metode dan pendekatan pembelajaran dalam pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus (3) Evaluasi dalam pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus (4) Proses pembelajaran dalam pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus di Raudhatul Athfal As-Sajdah Makiyah Pontianak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam dalam penelitian ini yaitu Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajia data, dan penarikan kesimpulan.
Maka penelitian ini menyimpulkan bahwa Kurikulum yang digunakan di RA As-Sajdah Makkiyah Pontianak adalah kurikulum 2013 menyesuaikan dari pemerintah, Adapun metode dan pendekatan di RA As-Sajdah Makkiyah Pontianak mnggunakan Metode ceramah, pekerjaan mandiri digunakan pada kelas, sedangkan untuk pendekatan dengan ABK adalah dengan pendekatan secara individual. Sistem penilaian dibedakan pada indikatornya dan evaluasi yang digunakan adalah tes tertulis dan lisan yang disesuaikan dengan kemampuan anak. Proses pembelajaran Inklusi di kelas B pada pada tema lingkunganku dilaksanakan di kelas inklusif, oleh guru kelas. Tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran yang digunakan sama antara anak reguler dan ABK.