PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI RAUDHATUL ATHFAL AS-SAJDAH MAKKIYAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurhamzah, Nurhamzah
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Azzahra, Nurma Annisa
dc.contributor.author HINDUN, HINDUN
dc.date.accessioned 2024-03-13T00:48:33Z
dc.date.available 2024-03-13T00:48:33Z
dc.date.issued 2023-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4439
dc.description.abstract HINDUN, 11911036, Proses Pembelajaran Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Raudhatul Athfal As-Sajdah Makkiyah Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontoanak, 2023. Dalam penelitian ini terdapat latar belakang masalah yang menjadi acuan peneliti untuk menggali lebih jauh akar masalah serta penyelesaian yang ingin dicapai peneliti di RA As-Sajdah Makkiyah Pontianak. Keterbatasan pendengaran pada anak tuna rungu menghambat proses pembelajaran salah satu cara agar anak tuna rungu bisa berkomunikatif dengan anak dengar ialah dengan menggunakan proses pembelajaran inklusi. Dengan hal ini anak tuna rungu dapat menyesesaikan tugas apa yang diberikan oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kurikulum yang di terapkan pada pembelajaran inklusi bagi anak berkebutuhan khusus (2) Metode dan pendekatan pembelajaran dalam pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus (3) Evaluasi dalam pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus (4) Proses pembelajaran dalam pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus di Raudhatul Athfal As-Sajdah Makiyah Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam dalam penelitian ini yaitu Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajia data, dan penarikan kesimpulan. Maka penelitian ini menyimpulkan bahwa Kurikulum yang digunakan di RA As-Sajdah Makkiyah Pontianak adalah kurikulum 2013 menyesuaikan dari pemerintah, Adapun metode dan pendekatan di RA As-Sajdah Makkiyah Pontianak mnggunakan Metode ceramah, pekerjaan mandiri digunakan pada kelas, sedangkan untuk pendekatan dengan ABK adalah dengan pendekatan secara individual. Sistem penilaian dibedakan pada indikatornya dan evaluasi yang digunakan adalah tes tertulis dan lisan yang disesuaikan dengan kemampuan anak. Proses pembelajaran Inklusi di kelas B pada pada tema lingkunganku dilaksanakan di kelas inklusif, oleh guru kelas. Tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran yang digunakan sama antara anak reguler dan ABK. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pembelajaran Inklusi en_US
dc.subject Anak berkebutuhan khusus en_US
dc.title PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI RAUDHATUL ATHFAL AS-SAJDAH MAKKIYAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account