Abstract:
HAJIAH TRININGSIH, Penggunaan Model Problem Based Learning
Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran
PAI dan Budi Pekerti Di SMKN 03 Pontianak Tahun Ajaran 2022-2023.
Program Studi Pendidikan Agama Islam Dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Negeri Pontianak Tahun 2023/1444 H.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar
peserta didik dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah dan
tanya jawab saja. Sehingga guru yang mendominasi dalam proses
pembelajaran. Karena itu, tujuan penelitian ini untuk mendapatkan dan
mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui aktivitas peserta didik sebelum
digunakan Model Problem Based Learning pada mata pelajaran PAI kelas X
di SMKN, 2) Untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan Model
Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas perserta didik pada
mata pelajaran PAI kelas X di SMKN 3 Pontianak, 3) Untuk mengetahui
aktivitas perserta didik sesudah digunakan Model Problem Based Learning
pada mata pelajaran PAI Kelas X di SMKN 3 Pontianak.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif
pendekatan deskriftif. Metode pengumpulan data digunakan observasi
langsung, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data penelitian
menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan.
Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan,
peningkatan ketekunan, triangulasi dan Member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) aktivitas belajar peserta
didik sebelum digunakan model Problem Based Learning pada mata
pelajaran PAI di kelas X SMKN 03 Pontianak,terdapat masalah pada aktivitas
peserta didik.2) langkah-langkah penggunaan model Problem Based
Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata
pelajaran PAI di kelas X SMKN 03 Pontianak meliputi menyampaikan tujuan
pembelajaran, mengorganisasi peserta didik, membimbing penyelidikan
individu atau kelompok, mengembangkan dan menyajikan masalah,
menganalisis dan evaluasi hasil pemecahan masalah. 3) aktivitas belajar
peserta didik sesudah digunakan model Problem Based Learning pada mata
pelajaran PAI di kelas X SMKN 03 Pontianak,aktivitas visual, aktivitas oral,
aktivitas writing, aktivitas mental terjadi peningkatan pada aktivitas belajar.
Kemudian pada aktivitas listening tidak terjadi peningkatan dengan baik.