PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMKN 3 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Misdah, Misdah
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.author TRININGSIH, HAJIAH
dc.date.accessioned 2024-03-01T07:45:50Z
dc.date.available 2024-03-01T07:45:50Z
dc.date.issued 2024-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4395
dc.description.abstract HAJIAH TRININGSIH, Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Di SMKN 03 Pontianak Tahun Ajaran 2022-2023. Program Studi Pendidikan Agama Islam Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Negeri Pontianak Tahun 2023/1444 H. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar peserta didik dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Sehingga guru yang mendominasi dalam proses pembelajaran. Karena itu, tujuan penelitian ini untuk mendapatkan dan mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui aktivitas peserta didik sebelum digunakan Model Problem Based Learning pada mata pelajaran PAI kelas X di SMKN, 2) Untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas perserta didik pada mata pelajaran PAI kelas X di SMKN 3 Pontianak, 3) Untuk mengetahui aktivitas perserta didik sesudah digunakan Model Problem Based Learning pada mata pelajaran PAI Kelas X di SMKN 3 Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif pendekatan deskriftif. Metode pengumpulan data digunakan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data penelitian menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan, peningkatan ketekunan, triangulasi dan Member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) aktivitas belajar peserta didik sebelum digunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran PAI di kelas X SMKN 03 Pontianak,terdapat masalah pada aktivitas peserta didik.2) langkah-langkah penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas X SMKN 03 Pontianak meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran, mengorganisasi peserta didik, membimbing penyelidikan individu atau kelompok, mengembangkan dan menyajikan masalah, menganalisis dan evaluasi hasil pemecahan masalah. 3) aktivitas belajar peserta didik sesudah digunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran PAI di kelas X SMKN 03 Pontianak,aktivitas visual, aktivitas oral, aktivitas writing, aktivitas mental terjadi peningkatan pada aktivitas belajar. Kemudian pada aktivitas listening tidak terjadi peningkatan dengan baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Problem Based Learning en_US
dc.subject Aktivitas belajar en_US
dc.subject PAI en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMKN 3 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account