Abstract:
AINI FARESTI. NIM 11836020. Konsentrasi Belajar Siswa yang Bermain Game Online di SMA Negeri 02 Sungai Kakap: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Program Studi Psikologi Islam (PI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui: 1) Bagaimana frekuensi siswa yang bermain game online. 2) Bagaimana konsentrasi siswa yang bermain game online Penelitian ini terasuk penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber penelitian primer dan sekunder. Sedangkan metode pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah metode wawancara dan dokumentasi. Adapun lokasi peneltian dilakukan di SMAN 2 Sungai Kakap.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan (1) Frekuensi bermain game online siswa di berbeda-beda, 3 siswa memiliki tingkatan frekuensi rendah dengan lama bermain tidak lebih dari 3,5 jam perhari dan rata-rata menghabiskan tidak lebih dari 3 kali dalam sehari untuk log-in. Sedangkan salah satu siswa termasuk gamer dengan frekuensi yang tinggi, menghabiskan hampir 7 jam dalam sehari dan menghabiskan 3-5 kali dalam sehari untuk log-in.(2) Siswa dengan frekuensi bermain game online yang tinggi mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, dikarenakan sulitnya membagi waktu istirahat dan belajar. Sehingga siswa kurang aktif di dalam kelas dan kurang fokus didalam kelas karena kurang istirahat. Siswa yang memiliki frekuensi bermain game online yang rendah tidak mengalami gangguan dalam berkonsentrasi, karena memiliki waktu luang yang lebih banyak untuk belajar dan lebih fokus di dalam kelas tanpa gangguan kurang istirahat dan memiliki banyak waktu luang untuk mengulang pelajaran saat dirumah. Namun siswa dengan frekuensi bermain game online yang rendah juga memilki kendala sedikit kesulitan dalam membagi waktu..