PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE TABEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 01 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Muskania, Ricka Tesi
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author NURAINI, NURAINI
dc.date.accessioned 2024-02-23T09:28:47Z
dc.date.available 2024-02-23T09:28:47Z
dc.date.issued 2020-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4343
dc.description.abstract NURAINI “Penerapan Pembelajaran Metode Tabel untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menyelesaikan Soal Materi Konsep Kelipatan Persekutuan Terbesar (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) di Kelas IV MIN 01 Pontianak Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2020. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dan guru masih menggunakan metode yang monoton pada Mata Pelajaran Matematika khususnya materi KPK dan FPB. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui: 1) Kemampuan siswa sebelum menggunakan metode tabel dalam menyelesaikan soal materi konsep KPK dan FPB di kelas IV MIN 01 Pontianak Tahun Ajaran 2018/2019, 2) Bagaimana penerapan metode tabel di kelas IV MIN 01 Pontianak, 3) Kemampuan siswa sesudah menggunakan metode htabel dalam menyelesaikan soal KPK dan FPB di kelas IV MIN 01 Pontianak, 4) Apakah terjadi peningkatan kemampuan siswa menyelesaikan soal materi KPK dan FPB setelah menerapkan metode tabel di kelas IV MIN 01 Pontianak Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV C MIN 01 Pontianak dengan jumlah 36 siswa. Penelitian berbentuk siklus, dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, pengukuran, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa daftar Cheklist dan untuk mengetahui kualitas hasil belajar peserta didik digunakan lembar tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar pembelajaran Matematika sebelum menggunakan metode tabel pada siswa kelas IV C MIN 01 Pontianak memperoleh nilai rata-rata 58,75, 2) Penerapan metode tabel dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. 3) Hasil belajar pembelajaran Matematika Materi KPK dan FPB sesudah menggunakan Metode Tabel pada siswa kelas IV C MIN 01 Pontianak memperoleh nilai rata-rata 84,17 pada siklus I sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 93, 4) Adanya peningkatan kemampuan siswa menyelesaikan soal sebelum dan sesudah menggunakan Metode Tabel di kelas IV C MIN 01 Pontianak berdasarkan persentase ketuntasan siswa pada pra siklus dan siklus II memiliki peningkatan sebesar 16,67% en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Tabel dan Kemampuan Peserta Didik Menyelesaikan Soal en_US
dc.title PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE TABEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 01 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account