Abstract:
FATIMAH AZZAHRA, Pengaruh Ekstrakurikuler Tari Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Anak di TK Islam Harapan Indah Kecamatan Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kepercayaan diri anak TK Islam Harapan Indah kelompok B 5 didentifikasi beberapa masalah yaitu anak masih kurang percaya diri, anak masih malu saat tampil dihadapan teman-temannya, anak kurang bersemangat dan gembira. Berdasarkan identifikasi masalah maka penelitian ini difokuskan pada pengaruh ekstrakurikuler tari terhadap peningkatan kepercayaan diri anak di TK Islam Harapan Indah Kecamatan Pontianak Barat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil dari ekstrakurikuler tari terhadap peningkatan kepercayaan diri anak di Tk Islam Harapan Indah Kecamatan Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mengetahui bagaimana kepercayaan diri anak setelah melakukan ekstrakurikuler tari di TK Islam Harapan Indah kecamatan Pontianak Barat Tahun Ajaran 2022/2023. 3) Mengetahui pengaruh ekstrakurikuler tari terhadap peningkatan kepercayaan diri anak di TK Islam Harapan Indah kecamatan Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi eksperimental design. Populasi adalah anak kelas B TK Islam Harapan Indah, sedangkan sampel adalah anak kelas B 5. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan data dan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini: 1) Hasil dari uji normalitas nilai dari taraf signifikan sebesar 0,200 > 0,05 dapat dikatakan bahwa nilai berdistribusi normal. Setelah dilakukan ekstrakurikuler tari kepercayaan diri anak meningkat. 2) Hasil hitungan statistik bahwa skor kepercayaan diri yang paling tinggi yaitu keyakinan terhadap diri sendiri dengan presentase 26% dan rata-rata 33,3. 3) nilai koefesien korelasi R sebesar 0,938. Arti dari nilai ini yaitu variabel bebas ekstrakurikuler tari (X) terhadap variabel terikat kepercayaan diri anak (Y) menunjukan ada hubungan. Selain itu nilai R square (R2) sebesar 0,879 (87,9) yang berarti mempunyai arti ekstrakurikuler tari mempengaruhi kepercayaan diri anak sebesar 87,9 %. Dapat disimpulkan bahwa berpengaruh yang kuat antara ekstrakurikuler tari (X) dengan kepercayaan diri anak (Y).