PENGARUH EKSTRAKURIKULER TARI TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI TK ISLAM HARAPAN INDAH KECAMATAN PONTIANAK BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author AZZAHRA, FATIMAH
dc.date.accessioned 2024-02-23T09:21:14Z
dc.date.available 2024-02-23T09:21:14Z
dc.date.issued 2023-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4341
dc.description.abstract FATIMAH AZZAHRA, Pengaruh Ekstrakurikuler Tari Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Anak di TK Islam Harapan Indah Kecamatan Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kepercayaan diri anak TK Islam Harapan Indah kelompok B 5 didentifikasi beberapa masalah yaitu anak masih kurang percaya diri, anak masih malu saat tampil dihadapan teman-temannya, anak kurang bersemangat dan gembira. Berdasarkan identifikasi masalah maka penelitian ini difokuskan pada pengaruh ekstrakurikuler tari terhadap peningkatan kepercayaan diri anak di TK Islam Harapan Indah Kecamatan Pontianak Barat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil dari ekstrakurikuler tari terhadap peningkatan kepercayaan diri anak di Tk Islam Harapan Indah Kecamatan Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mengetahui bagaimana kepercayaan diri anak setelah melakukan ekstrakurikuler tari di TK Islam Harapan Indah kecamatan Pontianak Barat Tahun Ajaran 2022/2023. 3) Mengetahui pengaruh ekstrakurikuler tari terhadap peningkatan kepercayaan diri anak di TK Islam Harapan Indah kecamatan Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi eksperimental design. Populasi adalah anak kelas B TK Islam Harapan Indah, sedangkan sampel adalah anak kelas B 5. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan data dan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini: 1) Hasil dari uji normalitas nilai dari taraf signifikan sebesar 0,200 > 0,05 dapat dikatakan bahwa nilai berdistribusi normal. Setelah dilakukan ekstrakurikuler tari kepercayaan diri anak meningkat. 2) Hasil hitungan statistik bahwa skor kepercayaan diri yang paling tinggi yaitu keyakinan terhadap diri sendiri dengan presentase 26% dan rata-rata 33,3. 3) nilai koefesien korelasi R sebesar 0,938. Arti dari nilai ini yaitu variabel bebas ekstrakurikuler tari (X) terhadap variabel terikat kepercayaan diri anak (Y) menunjukan ada hubungan. Selain itu nilai R square (R2) sebesar 0,879 (87,9) yang berarti mempunyai arti ekstrakurikuler tari mempengaruhi kepercayaan diri anak sebesar 87,9 %. Dapat disimpulkan bahwa berpengaruh yang kuat antara ekstrakurikuler tari (X) dengan kepercayaan diri anak (Y). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject Ekstrakurikuler Tari en_US
dc.subject Kepercayaan Diri Anak en_US
dc.title PENGARUH EKSTRAKURIKULER TARI TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI TK ISLAM HARAPAN INDAH KECAMATAN PONTIANAK BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account