Abstract:
Ulfa Handaliyani (11901123), Penguatan Yang Diberikan oleh
Guru Madrasah Tsanawiyah Bagi Siswa Berjilbab Di MTs Al-Ihsan
Pontianak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak,
2023.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya penguatan yang diberikan
oleh guru madrasah tsanawiyah bagi siswa berjilbab di MTs Al-ihsan
Pontianak baik secara verbal maupun non verbal khususnya di kelas IX
B MTs Al-ihsan Pontianak.
Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana Penguatan verbal
yang diberikan oleh guru Madrasah Tsanawiyah bagi siswa berjilbab di
MTs Al-ihsan Pontianak? (2) Bagaimana penguatan non verbal yang
diberikan oleh guru Madrasah Tsanawiyah bagi siswa berjilbab di MTs
Al-ihsan Pontianak?. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah (1)
Mendeskripsikan Penguatan Verbal Yang diberikan oleh guru
Madrasah Tsanawiyah bagi siswa berjilbab di Madrasah Tsanawiyah
Al-ihsan Pontianak . (2) Mendeskripsikan Penguatan non verbal yang
diberikan oleh guru Madrasah Tsanawiyah berjilbab di Madrasah
Tsanawiyah Al-ihsan Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian adalah 4 orang
guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Pontianak.Tekhnik
pengumpulan data yang di gunakan adalah Observasi,wawancara dan
dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
dengan pengumpulan data, reduksi data,dan penarikan kesimpulan dan
verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan member check.
Berdasarkan Pada analisis yang dilakukan makan peneliti
menyimpulkan sebagai berikut : (1) Penguatan Verbal yang diberikan
oleh guru madrasah tsanawiyah bagi siswi berjilbab di Madrasah
Tsanawiyah Al-Ihsan Pontianak adalah (a) Pemberian Kalimat pujian
terhadap siswa berjilbab;(b)Pemberian nasihat yang
bersifat.mendorong atau memotivasi siswa dalam berjilbab khusus nya
mengenai jilbab (c) dan memberikan Dukungan terhadap siswa
mengenai jilbab. (2) Penguatan non verbal yang diberikan oleh guru
madrasah tsanawiyah bagi siswa berjilbab di Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Pontianak adalah (a) Acungan jempol yang diberikan guru
terhadap siswa berjilbab;(b) Senyuman yang diberikan oleh guru
terhadap siswa berjilbab;(c) dan berupa pendekatan seperti seperti
menjawab pertanyaan siswa;(d) dan sentuhan guru kepada siswa
berjilbab seperti menepuk pundak atau bahu siswa.