PENGUATAN YANG DIBERIKAN OLEH GURU MADRASAH TSANAWIYAH BAGI SISWA BERJILBAB DI MTs AL-IHSAN PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author Handaliyani, Ulfa
dc.date.accessioned 2024-01-19T01:02:51Z
dc.date.available 2024-01-19T01:02:51Z
dc.date.issued 2023-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4228
dc.description.abstract Ulfa Handaliyani (11901123), Penguatan Yang Diberikan oleh Guru Madrasah Tsanawiyah Bagi Siswa Berjilbab Di MTs Al-Ihsan Pontianak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi adanya penguatan yang diberikan oleh guru madrasah tsanawiyah bagi siswa berjilbab di MTs Al-ihsan Pontianak baik secara verbal maupun non verbal khususnya di kelas IX B MTs Al-ihsan Pontianak. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana Penguatan verbal yang diberikan oleh guru Madrasah Tsanawiyah bagi siswa berjilbab di MTs Al-ihsan Pontianak? (2) Bagaimana penguatan non verbal yang diberikan oleh guru Madrasah Tsanawiyah bagi siswa berjilbab di MTs Al-ihsan Pontianak?. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah (1) Mendeskripsikan Penguatan Verbal Yang diberikan oleh guru Madrasah Tsanawiyah bagi siswa berjilbab di Madrasah Tsanawiyah Al-ihsan Pontianak . (2) Mendeskripsikan Penguatan non verbal yang diberikan oleh guru Madrasah Tsanawiyah berjilbab di Madrasah Tsanawiyah Al-ihsan Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian adalah 4 orang guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Pontianak.Tekhnik pengumpulan data yang di gunakan adalah Observasi,wawancara dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pengumpulan data, reduksi data,dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member check. Berdasarkan Pada analisis yang dilakukan makan peneliti menyimpulkan sebagai berikut : (1) Penguatan Verbal yang diberikan oleh guru madrasah tsanawiyah bagi siswi berjilbab di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Pontianak adalah (a) Pemberian Kalimat pujian terhadap siswa berjilbab;(b)Pemberian nasihat yang bersifat.mendorong atau memotivasi siswa dalam berjilbab khusus nya mengenai jilbab (c) dan memberikan Dukungan terhadap siswa mengenai jilbab. (2) Penguatan non verbal yang diberikan oleh guru madrasah tsanawiyah bagi siswa berjilbab di Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Pontianak adalah (a) Acungan jempol yang diberikan guru terhadap siswa berjilbab;(b) Senyuman yang diberikan oleh guru terhadap siswa berjilbab;(c) dan berupa pendekatan seperti seperti menjawab pertanyaan siswa;(d) dan sentuhan guru kepada siswa berjilbab seperti menepuk pundak atau bahu siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Penguatan Verbal en_US
dc.subject Non Verbal en_US
dc.subject Jilbab en_US
dc.title PENGUATAN YANG DIBERIKAN OLEH GURU MADRASAH TSANAWIYAH BAGI SISWA BERJILBAB DI MTs AL-IHSAN PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account