Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: 1) pola asuh yang
diterapkan ayah dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun
di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kabupaten Melawi; 2) untuk mengetahui kendala
yang dihadapi ayah dalam mengenalkan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun
di TK ‘Aisyiyah Bustanul Atfhal Kabupaten Melawi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed methods, jenis penelitian
ini ialah penelitian berbentuk survei. Populasi adalah ayah dari keseluruhan anak
usia 5-6 tahun yang ada di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kabupaten Melawi,
sedangkan yang diambil sampel berjumlah sebanyak 83 orang yang memenuhi
kriteria. Intstrumen yang digunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, pola asuh yang paling banyak diterapkan oleh
ayah dalam perkembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di TK
‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kabupaten Melawi adalah pola asuh otoriter di mana
ada 83 responden dengan persentase sebanyak 37,5%, sedangkan pola asuh
demokratis dengan persentase 36,3% dan pola asuh permisif dengan persentase
26,2%. Berdasarkan hasil wawancara dengan ketiga informan bahwa pola asuh
yang diterapkan oleh ayah pada anak usia 5-6 tahun di TK ‘Aisyiyah Bustanul
Athfal Kabupaten Melawi ialah pola asuh otoriter. Selain itu terdapat pula kendala
seperti usia anak yang masih terlalu kecil, jadi sulit untuk memahami yang
disampaikan oleh ayah, kemudian ayah juga sulit memahami penyampaian seperti
apa yang harus diberikan sesuai dengan pemahaman anak. Selanjutnya sebagai
ayah, memberikan contoh yang baik merupakan cara yang efektif untuk
mengenalkan nilai agama dan moral kepada anak usia 5-6 tahun di TK ‘Aisyiyah
Bustanul Athfal Kabupaten Melawi.