Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya guru dalam: 1)
menerapakan peran gender, pada anak usia dini di TK Islam Bina Empat Lima
Pontianak Timur. 2) mengenalkan kesadaran identitas gender pada Anak Usia
Dini di TK Islam Bina Empat Lima Pontianak Timur. 3) mengenalkan faktorfaktor pendukung dan penghambat proses penanaman gender pada Anak Usia
Dini di TK Islam Bina Empat Lima Pontianak Timur.
Studi ini adalah hasil dari penelitian Kualitatif dengan pendekatan
deskriptif analitik. Jenis penelitian yang subjek penelitian dalam kajian ini
adalah peserta didik, dan guru kelas, wali kelas B3. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi langsung dan wawancara guru. Alat pengumpulan
data berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara, sedangkan teknik
analisis yang digunakan adalah analisis data interaktif.
Hasil temuan penelitian: 1) upaya guru menerapkan kesadaran peran
gender pada anak sejak Anak Usia Dini di TK Islam Bina Empat Lima
Pontianak Timur ini ditemukan dari upaya yang dilakukan guru dalam
pengenalan gender kepada anak usia dini anak sudah memahami apa itu
kesadaran peran gender dan menerapkan kesadaran identitas gender pada anak
usia dini itu penting dilakukan oleh seorang guru dan dalam penanaman
kesadaran gender pada anak usia dini ini anak di TK tersebut sudah mulai
memahami apa itu kesadaran gender. 2) upaya guru dalam menerapkan
kesadaran identitas gender pada Anak Usia Dini di TK Islam Bina Empat Lima
Pontianak Timur ini ditemukan dari hasil menerapkan kesadaran identitas gender
pada anak usia dini melalui metode pelajaran yang digunakan diantaranya
melalui metode pelajaran, seperti menggunakan metode bercerita, sosiodrama
(tukar peran), bernyanyi, dan tanya jawab ini juga berhasil dilakukan oleh guru
karena anak juga mulai memahami apa itu kesadaran identitas gender tersebut
Kemudian saran untuk guru disini peneliti sedikit menyampaikan saran supaya
guru-guru lebih memperluas pemahaman tentang gender karena menerapkan
gender pada anak itu sangat penting.