UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN GENDER PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM BINA EMPAT LIMA PONTIANAK TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.contributor.author Utari, Pita
dc.date.accessioned 2023-10-31T03:56:06Z
dc.date.available 2023-10-31T03:56:06Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4201
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya guru dalam: 1) menerapakan peran gender, pada anak usia dini di TK Islam Bina Empat Lima Pontianak Timur. 2) mengenalkan kesadaran identitas gender pada Anak Usia Dini di TK Islam Bina Empat Lima Pontianak Timur. 3) mengenalkan faktorfaktor pendukung dan penghambat proses penanaman gender pada Anak Usia Dini di TK Islam Bina Empat Lima Pontianak Timur. Studi ini adalah hasil dari penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Jenis penelitian yang subjek penelitian dalam kajian ini adalah peserta didik, dan guru kelas, wali kelas B3. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dan wawancara guru. Alat pengumpulan data berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis data interaktif. Hasil temuan penelitian: 1) upaya guru menerapkan kesadaran peran gender pada anak sejak Anak Usia Dini di TK Islam Bina Empat Lima Pontianak Timur ini ditemukan dari upaya yang dilakukan guru dalam pengenalan gender kepada anak usia dini anak sudah memahami apa itu kesadaran peran gender dan menerapkan kesadaran identitas gender pada anak usia dini itu penting dilakukan oleh seorang guru dan dalam penanaman kesadaran gender pada anak usia dini ini anak di TK tersebut sudah mulai memahami apa itu kesadaran gender. 2) upaya guru dalam menerapkan kesadaran identitas gender pada Anak Usia Dini di TK Islam Bina Empat Lima Pontianak Timur ini ditemukan dari hasil menerapkan kesadaran identitas gender pada anak usia dini melalui metode pelajaran yang digunakan diantaranya melalui metode pelajaran, seperti menggunakan metode bercerita, sosiodrama (tukar peran), bernyanyi, dan tanya jawab ini juga berhasil dilakukan oleh guru karena anak juga mulai memahami apa itu kesadaran identitas gender tersebut Kemudian saran untuk guru disini peneliti sedikit menyampaikan saran supaya guru-guru lebih memperluas pemahaman tentang gender karena menerapkan gender pada anak itu sangat penting. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Identitas Gender en_US
dc.title UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN GENDER PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM BINA EMPAT LIMA PONTIANAK TIMUR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account