Abstract:
Dalam penelitian ini terdapat latar belakang masalah yang menjadi acuen
peneliti untuk menggali lebih jauh akar masalah serta penyelesaian yang ingin
dicapai peneliti di PAUD Nurul Jannah, ditinjau dari 23 peserta didik masih banyak
yang belum memiliki kemampuan mengenal, menulis, serta melafadzkan huruf
hijaiyah. Sehingga peneliti menerapkan belajar menggunakan media papan pintar
sebagai alat komunikasi kepada anak untuk mengembangkan kemampuan peserta
didik untuk mengenal, menulis dan melafadzkan yang sebelumnya memang harus
diberikan pembelajaran yang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi kemsmpan
mengenal huruf hijaiyah sebelum menggunakan media papan pintar (2)
mendeskripsikan penerapan menggunakan media papan pintar (3) mendeskripsikan
kemampuan mengenal huruf hijaiyah setelah menggunakan media papan pintar
anak kelompok A PAUD Nurul Jannah, Desa Sungai Enau, Kecamatan Kuala
Mandor B, Kab. kubu Raya.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research)
yang terdiri dari dua siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan setiap siklus,
prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di PAUD Nurul Jannah, Desa
Sungai Enau, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya Sebanyak 23
orang anak.
Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa
sebagian anak masih belum ada peningkatan dikarenakan anak ketika pembelajaran
dimulai anak masih belum fokus menyebutkan atau melafadzkan huruf hijaiyah
dan masih berbicara dengan temannya,sering diam saat diberikan perintah untuk
menuliskan huruf hijaiyah, serta anak didik kurang percaya diri saat guru untuk
meminta anak menyebutkan atau melafadzkan huruf hijaiyah. penggunaan media
papan pintar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak
kelompok A PAUD Nurul Jannah hasil pada siklus 1 34,66% sedangkan pada siklus
II Kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak sudah meningkatkarena telah sesuai
dengan target pencapaian, kriteria yang didapatkan anak berkembang sesuai
harapan dengan jumlah rata-rata70%.