PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH ANAK KELOMPOK A PAUD NURUL JANNAH DESA SUNGAI ENAU KECAMATAN KUALA MANDOR B KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.author Muhriyeh, Muhriyeh
dc.date.accessioned 2023-10-31T01:47:20Z
dc.date.available 2023-10-31T01:47:20Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4199
dc.description.abstract Dalam penelitian ini terdapat latar belakang masalah yang menjadi acuen peneliti untuk menggali lebih jauh akar masalah serta penyelesaian yang ingin dicapai peneliti di PAUD Nurul Jannah, ditinjau dari 23 peserta didik masih banyak yang belum memiliki kemampuan mengenal, menulis, serta melafadzkan huruf hijaiyah. Sehingga peneliti menerapkan belajar menggunakan media papan pintar sebagai alat komunikasi kepada anak untuk mengembangkan kemampuan peserta didik untuk mengenal, menulis dan melafadzkan yang sebelumnya memang harus diberikan pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi kemsmpan mengenal huruf hijaiyah sebelum menggunakan media papan pintar (2) mendeskripsikan penerapan menggunakan media papan pintar (3) mendeskripsikan kemampuan mengenal huruf hijaiyah setelah menggunakan media papan pintar anak kelompok A PAUD Nurul Jannah, Desa Sungai Enau, Kecamatan Kuala Mandor B, Kab. kubu Raya. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yang terdiri dari dua siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan setiap siklus, prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di PAUD Nurul Jannah, Desa Sungai Enau, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya Sebanyak 23 orang anak. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa sebagian anak masih belum ada peningkatan dikarenakan anak ketika pembelajaran dimulai anak masih belum fokus menyebutkan atau melafadzkan huruf hijaiyah dan masih berbicara dengan temannya,sering diam saat diberikan perintah untuk menuliskan huruf hijaiyah, serta anak didik kurang percaya diri saat guru untuk meminta anak menyebutkan atau melafadzkan huruf hijaiyah. penggunaan media papan pintar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak kelompok A PAUD Nurul Jannah hasil pada siklus 1 34,66% sedangkan pada siklus II Kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak sudah meningkatkarena telah sesuai dengan target pencapaian, kriteria yang didapatkan anak berkembang sesuai harapan dengan jumlah rata-rata70%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Papan pintar en_US
dc.subject Huruf Hijaiyah en_US
dc.title PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH ANAK KELOMPOK A PAUD NURUL JANNAH DESA SUNGAI ENAU KECAMATAN KUALA MANDOR B KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account