Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan; 1) Strategi pembelajaran guru dalam mengembangkan
kemampuan menyimak .2) Strategi pembelajaran guru dalam
mengembangkan kemampuan berbicara. 3) Strategi pembelajaran guru
dalam mengembangkan kemampuan membaca. 4) Strategi pembelajaran
guru dalam mengembangkan kemampuan menulis pada anak speech delay di
TK Mujahidin 1 Pontianak.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan
menggunakan metode deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas
dan anak Speech Delay di TK Mujahidin 1 Pontianak yang berjumlah 4 orang
yang di teliti. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yakni
observasi, wawancara langsung dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis
yang digunakan adalah analisis data interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran guru
dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak speech delay di TK
Mujahidin 1 Pontianak bervariasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa; 1)
Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Menyimak
Pada Anak Speech Delay di TK Mujahidin 1 Pontianak yakni guru
menggunakan strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran
individual dan strategi pembelajaran melalui bernyanyi. 2) Strategi
Pembelajaran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Pada
Anak Speech Delay yakni guru menggunakan strategi pembelajaran
langsung, strategi pembelajaran individual, bermain kata berantai dan metode
tanya jawab. 3) Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengembangkan
Kemampuan Membaca Pada Anak Speech Delay di TK Mujahidin 1
Pontianak yakni guru menggunakan strategi pembelajaran langsung, strategi
pembelajaran individual, strategi pembelajaran melalui bermain. 4) Strategi
Pembelajaran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Pada
Anak Speech Delay di TK Mujahidin 1 Pontianak yakni guru menggunakan
strategi pembelajaran individual dan strategi pembelajaran melalui bermain.