dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika pembelajaran Bahasa
Indonesia yang dialami oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan: 1) Problematika yang muncul dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia pada peserta didik kelas III SDN 03 Pontianak Timur. 2) Faktor
yang menyebabkan problematika pembelajaran Bahasa Indonesia pada
peserta didik kelas III SDN 03 Pontianak Timur. 3) Upaya guru untuk
mengatasi problematika pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik
kelas III SDN 03 Pontianak Timur.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat
deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas III (A, B, dan C), dan
8 orang peserta didik kelas III SDN 03 Pontianak Timur yang mengalami
problematika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik yang digunakan
untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan
Huberman (1984).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia
pada peserta didik kelas III SDN 03 Pontianak Timur memiliki beberapa
problem yaitu: 1) Dalam hal membaca, ada yang tidak lancar,
menggabungkan huruf menjadi kata masih ada huruf yang
dikurangi/ditambahkan, ada yang tidak bisa membaca ng-, ny-, ada juga yang
sulit membedakan b/p, n/m; dalam hal menulis, peserta didik masih kurang
dalam penempatan tanda baca, penggunaan huruf kapital, jarak antar kata
masih kurang, dan ada juga yang kekurangan/kelebihan huruf dalam menulis.
2) Faktor internal yang menyebabkan problematika pada peserta didik kelas
III yaitu kurangnya minat dan motivasi dari dirinya sendiri. Sedangkan faktor
eksternal yang menyebabkan problematika pada peserta didik yaitu
kurangnya perhatian dan dukungan dari orang tua, dan dalam proses
pembelajaran guru jarang sekali menggunakan metode dan media yang
bervariasi. 4) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi peserta didik yang
mengalami problematika tersebut adalah melakukan bimbingan dan
pendekatan secara pribadi. |
en_US |