dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan mengenai: 1) Untuk
mengetahui hasil belajar sebelum menggunakan model Student Teams
Achievement Division (STAD) di MIS Raudhatul Ulum Parit Surabaya.
2)Untuk mengetahui langkah-langkah model Student Teams Achievement
Division (STAD) di MIS Raudhatul Ulum Parit Surabaya 3)Untuk mengetahui
hasil peningkatan model Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di
MIS Raudhatul Ulum Parit Surabaya
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kuantitatif. sumber data adalah peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data
berupa observasi,dokumentasi.Alat pengumpulan data berupa lembar observasi,
tes berupa butir soal pilihan ganda dan. Analisis data berupa analisis data
berupa analisis data dengan proses kerjanya mendeskripsikan data melalui data
deskriptif yang di paparkan secara sistematis aktual dan faktual.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan maka peneliti memyimpulkan
bahwa: 1) Pelaksanaan penggunaan model Student Teams Achievement
Division (STAD) peserta didik kelas V MIS Raudhatul ulum parit surabaya
tahun pelajaran 2022/2023 pada siklus I dapat terlaksana 73,86%,dan siklus II
terlaksana 94,31% dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan. 2) Hasil
belajar tematik sebelum menggunakan model Student Teams Achievement
Division (STAD) materi teks proklamasi kelas V MIS Raudhatul Ulum parit
surabaya tahun pelajaran 2022/2023 pada siklus I dan II adalah 0% siswa yang
tuntas sedangkan siklus II terdapat 4% siswa yang mencapai nilai tuntas. 3)
Hasil belajar tematik setelah menggunakan model Student Teams Achievement
Division (STAD) materi komponen ekosistem peserta didik kelas V MIS
Raudhatul Ulum parit surabaya tahun pelajaran 2022/2023 pada siklus I adalah
48% peserta didik, dan siklus II adalah 72% siswa adalah 84% siswa mencapai
nilai tuntas. 4) Peningkatan hasil belajar tematik setelah menggunakan model
Student Teams Achievement Division (STAD) materi teks proklamasi peserta
didik kelas V MIS Raudhatul ulum parit surabaya tahun pelajaran 2022/2023
adalah dari siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 12%. |
en_US |