MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MIS RAUDHATUL ULUM PARIT SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Fathurrozi, Fathurrozi
dc.contributor.author Khuzaimah, Khuzaimah
dc.date.accessioned 2023-10-27T03:21:06Z
dc.date.available 2023-10-27T03:21:06Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4175
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan mengenai: 1) Untuk mengetahui hasil belajar sebelum menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) di MIS Raudhatul Ulum Parit Surabaya. 2)Untuk mengetahui langkah-langkah model Student Teams Achievement Division (STAD) di MIS Raudhatul Ulum Parit Surabaya 3)Untuk mengetahui hasil peningkatan model Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di MIS Raudhatul Ulum Parit Surabaya Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. sumber data adalah peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data berupa observasi,dokumentasi.Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, tes berupa butir soal pilihan ganda dan. Analisis data berupa analisis data berupa analisis data dengan proses kerjanya mendeskripsikan data melalui data deskriptif yang di paparkan secara sistematis aktual dan faktual. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan maka peneliti memyimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan penggunaan model Student Teams Achievement Division (STAD) peserta didik kelas V MIS Raudhatul ulum parit surabaya tahun pelajaran 2022/2023 pada siklus I dapat terlaksana 73,86%,dan siklus II terlaksana 94,31% dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan. 2) Hasil belajar tematik sebelum menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) materi teks proklamasi kelas V MIS Raudhatul Ulum parit surabaya tahun pelajaran 2022/2023 pada siklus I dan II adalah 0% siswa yang tuntas sedangkan siklus II terdapat 4% siswa yang mencapai nilai tuntas. 3) Hasil belajar tematik setelah menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) materi komponen ekosistem peserta didik kelas V MIS Raudhatul Ulum parit surabaya tahun pelajaran 2022/2023 pada siklus I adalah 48% peserta didik, dan siklus II adalah 72% siswa adalah 84% siswa mencapai nilai tuntas. 4) Peningkatan hasil belajar tematik setelah menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) materi teks proklamasi peserta didik kelas V MIS Raudhatul ulum parit surabaya tahun pelajaran 2022/2023 adalah dari siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 12%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Student Teams Achievement Division (STAD) en_US
dc.title MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MIS RAUDHATUL ULUM PARIT SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account