PENERAPAN METODE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 09 PONTIANAK UTARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.author Srianti, Indah Nurmulya
dc.date.accessioned 2023-10-27T03:11:47Z
dc.date.available 2023-10-27T03:11:47Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4174
dc.description.abstract Tujuan penelitian dalam skripsi ini, yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan menulis peserta didik sebelum diterapkan metode make a match Berbantuan kartu gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. 2) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode Make A Match berbatuan kartu gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan menulis peserta didik sesudah diterapkan metode Make A Match Berbantuan kartu gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. 4) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan metode Make A Match berbantuan media kartu gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang peneliti lakukan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah kelas IV di SDN 09 Pontianak Utara dan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan Peningkatan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah, peningkatan dalam kemampuan menulis dari pra siklus memperoleh nilai rata-rata 65,5%, pada siklus I dengan jumlah 30 peserta didik pada saat nilai pre test memperoleh nilai rata-rata 66,1% kemudian pada tindakan pos tes pada siklus 1 nilai rata-rata 69,1% dan pada siklus II nilai pre tes memperoleh nilai rata-rata 75,5% dan nilai pos tes pada siklus II meningkat mencapai 83,3% dengan selisih nilai pra siklus ke siklus I sebesar 12,67% dengan persentase 43,33% dan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang maksimal sebesar 27,3%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Make a Match en_US
dc.subject Media Kartu Gambar en_US
dc.subject Kemampuan menulis en_US
dc.title PENERAPAN METODE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 09 PONTIANAK UTARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account