dc.description.abstract |
Tujuan penelitian dalam skripsi ini, yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan
kemampuan menulis peserta didik sebelum diterapkan metode make a match
Berbantuan kartu gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. 2) Untuk
mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode Make A Match berbatuan
kartu gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia. 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan menulis
peserta didik sesudah diterapkan metode Make A Match Berbantuan kartu
gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. 4) Untuk mendeskripsikan
peningkatan kemampuan menulis peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan
metode Make A Match berbantuan media kartu gambar pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia.
Jenis penelitian yang peneliti lakukan ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah kelas IV di SDN 09 Pontianak
Utara dan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP). Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan Peningkatan kemampuan
peserta didik sebelum dan sesudah, peningkatan dalam kemampuan menulis dari
pra siklus memperoleh nilai rata-rata 65,5%, pada siklus I dengan jumlah 30
peserta didik pada saat nilai pre test memperoleh nilai rata-rata 66,1% kemudian
pada tindakan pos tes pada siklus 1 nilai rata-rata 69,1% dan pada siklus II nilai
pre tes memperoleh nilai rata-rata 75,5% dan nilai pos tes pada siklus II
meningkat mencapai 83,3% dengan selisih nilai pra siklus ke siklus I sebesar
12,67% dengan persentase 43,33% dan dari siklus I ke siklus II mengalami
peningkatan yang maksimal sebesar 27,3%. |
en_US |