dc.contributor.advisor |
Mujahidah, Nelly |
|
dc.contributor.advisor |
Prakoso, Imam Agung |
|
dc.contributor.author |
Ahadi, Fajri |
|
dc.date.accessioned |
2023-10-27T00:54:50Z |
|
dc.date.available |
2023-10-27T00:54:50Z |
|
dc.date.issued |
2023-07 |
|
dc.identifier.uri |
https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4171 |
|
dc.description.abstract |
Peneliti mengangkat permasalahan tentang membaca permulaan melalui
penerapan metode eja berbantuan alat peraga kincir pintar pada peserta didik kelas
I di MI Hidayatul Mustaqim Jongkong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah metode eja berbantuan alat peraga kincir pintar dapat
meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I MI Hidayatul
Mustaqim Jongkong.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan membaca
permulaan peserta didik kelas I MI Hidayatul Mustaqim sebelum diterapkan
metode eja berbantuan alat peraga kincir pintar, 2) Mengidentifikasi penerapan
metode eja berbantuan alat peraga kincir pintar untuk meningkatkan kemampuan
membaca permulaan peserta didik kelas I MI Hidayatul Mustaqim 3)
Mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I MI
Hidayatul Mustaqim setelah diterapkan metode eja berbantuan alat peraga kincir
pintar.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I Hidayatul Mustaqim yang
berjumlah 24 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan
Kelas). Instrumen pengumpulan data berupa tes unjuk kerja, lembar bservasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebelum menerapkan metode eja
berbantuan alat peraga kincir pintar kemampuan membaca permulaan peserta didik
kelas I MI Hidayatul Mustaqim masih rendah. Dari 24 peserta didik, hanya 7 peserta
didik yang mendapat nilai tuntas dan 17 peserta didik mendapat nilai tidak tuntas.
2) Penerapan metode eja berbantuan alat peraga kincir pintar terhadap kemampuan
membaca permulaan peserta didik kelas I yaitu peserta didik diajarkan bunyi dari
tiap-tiap huruf. Huruf-huruf itu dirangkai menjadi suku kata. Peserta didik diajarkan
merangkai suku kata menjadi kata. Guru membimbing anak dalam merangkai suku
kata menjadi kalimat. Begitu seterusnya sampai peserta didik bisa menyusun suku
kata dan membaca tanpa dibimbing. 3) Setelah menerapkan metode eja berbantuan
alat peraga kincir pintar, kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I
menunjukkan hasil yang baik yang ditandai dengan kemampuan membaca
permulaan peserta didik pada kriteia baik mencapai 71%. Metode eja berbantuan
alat peraga kincir pintar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca
permulaan. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
IAIN Pontianak |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan membaca permulaan |
en_US |
dc.subject |
Metode eja |
en_US |
dc.subject |
Alat peraga kincir pintar |
en_US |
dc.title |
PENERAPAN METODE EJA BERBANTUAN ALAT PERAGA KINCIR PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I MI HIDAYATUL MUSTAQIM KECAMATAN JONGKONG TAHUN AJARAN 2022/2023 |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |