PENERAPAN METODE EJA BERBANTUAN ALAT PERAGA KINCIR PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I MI HIDAYATUL MUSTAQIM KECAMATAN JONGKONG TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author Ahadi, Fajri
dc.date.accessioned 2023-10-27T00:54:50Z
dc.date.available 2023-10-27T00:54:50Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4171
dc.description.abstract Peneliti mengangkat permasalahan tentang membaca permulaan melalui penerapan metode eja berbantuan alat peraga kincir pintar pada peserta didik kelas I di MI Hidayatul Mustaqim Jongkong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode eja berbantuan alat peraga kincir pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I MI Hidayatul Mustaqim Jongkong. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I MI Hidayatul Mustaqim sebelum diterapkan metode eja berbantuan alat peraga kincir pintar, 2) Mengidentifikasi penerapan metode eja berbantuan alat peraga kincir pintar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I MI Hidayatul Mustaqim 3) Mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I MI Hidayatul Mustaqim setelah diterapkan metode eja berbantuan alat peraga kincir pintar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I Hidayatul Mustaqim yang berjumlah 24 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen pengumpulan data berupa tes unjuk kerja, lembar bservasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebelum menerapkan metode eja berbantuan alat peraga kincir pintar kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I MI Hidayatul Mustaqim masih rendah. Dari 24 peserta didik, hanya 7 peserta didik yang mendapat nilai tuntas dan 17 peserta didik mendapat nilai tidak tuntas. 2) Penerapan metode eja berbantuan alat peraga kincir pintar terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I yaitu peserta didik diajarkan bunyi dari tiap-tiap huruf. Huruf-huruf itu dirangkai menjadi suku kata. Peserta didik diajarkan merangkai suku kata menjadi kata. Guru membimbing anak dalam merangkai suku kata menjadi kalimat. Begitu seterusnya sampai peserta didik bisa menyusun suku kata dan membaca tanpa dibimbing. 3) Setelah menerapkan metode eja berbantuan alat peraga kincir pintar, kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I menunjukkan hasil yang baik yang ditandai dengan kemampuan membaca permulaan peserta didik pada kriteia baik mencapai 71%. Metode eja berbantuan alat peraga kincir pintar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan membaca permulaan en_US
dc.subject Metode eja en_US
dc.subject Alat peraga kincir pintar en_US
dc.title PENERAPAN METODE EJA BERBANTUAN ALAT PERAGA KINCIR PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I MI HIDAYATUL MUSTAQIM KECAMATAN JONGKONG TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account