PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS V MIS DARUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Pertiwi, Cindy Bunga
dc.date.accessioned 2023-10-26T08:08:22Z
dc.date.available 2023-10-26T08:08:22Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4165
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan mengenai: 1) Hasil belajar materi Perpindahan Kalor pada siklus I menggunakan model pembelajaran Make A Match pada peserta didik kelas V MIS Darussalam Pontianak Timur tahun pelajaran 2022/2023; 2) Langkah-langkah pembelajaran model pembelajaran Make A Match pada peserta didik kelas V MIS Darussalam Pontianak Timur tahun pelajaran 2022/2023; 3) Hasil belajar materi Perpindahan Kalor pada siklus II menggunakan model pembelajaran Make A Match pada peserta didik kelas V MIS Darussalam Pontianak Timur tahun pelajaran 2022/2023; 4) Seberapa besar hasil belajar materi perpindahan kalor menggunakan model pembelajaran Make A Match pada peserta didik kelas V MIS Darussalam Pontianak Timur tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di MIS Darussalam Pontianak Timur dengan sumber data adalah peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data berupa observasi, pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, tes berupa butir soal pilihan ganda dan mechanical device berupa hp. Analisis data berupa analisis persentase. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar materi perpindahan kalor menggunakan model pembelajaran Make A Match pada peserta didik kelas V MIS Darussalam Pontianak tahun pelajaran 2022/2023 pada siklus I adalah 57,69% peserta didik yang mencapai ketuntasan; 2) Langkah-langkah pembelajaran dari model pembelajaran Make A Match pada peserta didik kelas V MIS Darussalam Pontianak tahun pelajaran 2022/2023 pada siklus I terlaksana sebesar 95,83% dan pada siklus II terlaksana sebesar 100%; 3) Hasil belajar materi perpindahan kalor menggunakan model pembelajaran Make A Match pada peserta didik kelas V MIS Darussalam Pontianak Timur tahun pelajaran 2022/2023 pada siklus II adalah 88,46% peserta didik yang mencapai ketuntasan; 4) Peningkatan hasil belajar materi perpindahan kalor menggunakan model pembelajaran Make A Match pada peserta didik kelas V MIS Darussalam Pontianak Timur tahun pelajaran 2022/2023 dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 30,77%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Make A Match en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS V MIS DARUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account