dc.description.abstract |
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca
permulaan peserta didik kelas I SDN 07 Sungai Kakap. Rendahnya
keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas I SDN 07 Sungai Kakap
ini di sebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran oleh guru.
Guru yang mengajar terkesan monoton tidak menggunakan metode dan media
yang menarik membuat peserta didik bosan,jenuh dan tidak bersemangat di
dalam pembelajaran. Guru mengajar hanya berpatokan pada buku tematik saja
tanpa menggunakan media yang menarik membuat minat baca anak-anak
kurang. Oleh karena itu peneliti memberikan solusi untuk masalah ini dengan
menggunakan metode dan media yang menarik yaitu dengan menggunakan
metode suku kata berbantuan media flash card.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN 07 Sungai Kakap dengan
sumber data adalah guru dan peserta didik kelas I.Teknik penggumpulan data
dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan
alat pengumpulan data yang digunakan adalahpedoman observasi, foto, dan
lembar tes, rubrik.
Berdasarkan pada analisis yang di lakukan maka peneliti menyimpulkan
bahwa:1) keterampilan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran
tematik tema 7 pelajaran Bahasa Indonesia kelas I sebelum di gunakan metode
suku kata berbantuan media flash card di SDN 07 Sungai Kakap Tahun ajaran
2022/2023 Mendapatkan nilai rata-rata sebesar 44,0 dengan kategori rendah 2)
langkah-langkah penggunaan metode suku kata berbantuan media flash card
untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca permulaan
pada pembelajaran tematik di SD Negeri 07 Sungai Kakap di SDN 07 Sungai
KakapTahun ajaran 2022/2023 pada siklus I dapat terlaksana 78,57%, dan
siklus II terlaksana 92,85% dari langkap-langkap pembelajaran yang di
lakukan 3) Keterampilan membaca permulaan peserta didik pada
pembelajaran tematik tema 7 pelajaran Bahasa Indonesia kelas I sesudah di
terapakan metode suku kata berbantuan media flash card di SDN 07 Sungai
Kakap tahun ajaran 2022/2023 pada siklus I terdapat 42% peserta didik yang
mencapai nilai tuntas, dan siklus II terdapat 85% yang mencapai nilai tuntas 4)
terdapat peningkatan keterampilan membaca permulaan peserta didik pada
pembelajaran tematik tema 7 pelajaran Bahasa Indonesia kelas I setelah
menerapkan metode suku kata berbantuan media flash card di SDN 07 Sungai
Kakap tahun ajaran 2022/2023yaitu terdapat peningkatan dalam keterampilan
membaca permulaan dari siklus I kes siklus II mengalami peningkatan sebesar
43%. |
en_US |