PENERAPAN METODE SUKU KATA DI BANTU DENGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 07 SUNGAI KAKAP

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Nurhidayah, Vibry Andina
dc.contributor.author Asparianti, Asparianti
dc.date.accessioned 2023-10-26T07:46:05Z
dc.date.available 2023-10-26T07:46:05Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4162
dc.description.abstract Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas I SDN 07 Sungai Kakap. Rendahnya keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas I SDN 07 Sungai Kakap ini di sebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran oleh guru. Guru yang mengajar terkesan monoton tidak menggunakan metode dan media yang menarik membuat peserta didik bosan,jenuh dan tidak bersemangat di dalam pembelajaran. Guru mengajar hanya berpatokan pada buku tematik saja tanpa menggunakan media yang menarik membuat minat baca anak-anak kurang. Oleh karena itu peneliti memberikan solusi untuk masalah ini dengan menggunakan metode dan media yang menarik yaitu dengan menggunakan metode suku kata berbantuan media flash card. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN 07 Sungai Kakap dengan sumber data adalah guru dan peserta didik kelas I.Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalahpedoman observasi, foto, dan lembar tes, rubrik. Berdasarkan pada analisis yang di lakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa:1) keterampilan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran tematik tema 7 pelajaran Bahasa Indonesia kelas I sebelum di gunakan metode suku kata berbantuan media flash card di SDN 07 Sungai Kakap Tahun ajaran 2022/2023 Mendapatkan nilai rata-rata sebesar 44,0 dengan kategori rendah 2) langkah-langkah penggunaan metode suku kata berbantuan media flash card untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca permulaan pada pembelajaran tematik di SD Negeri 07 Sungai Kakap di SDN 07 Sungai KakapTahun ajaran 2022/2023 pada siklus I dapat terlaksana 78,57%, dan siklus II terlaksana 92,85% dari langkap-langkap pembelajaran yang di lakukan 3) Keterampilan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran tematik tema 7 pelajaran Bahasa Indonesia kelas I sesudah di terapakan metode suku kata berbantuan media flash card di SDN 07 Sungai Kakap tahun ajaran 2022/2023 pada siklus I terdapat 42% peserta didik yang mencapai nilai tuntas, dan siklus II terdapat 85% yang mencapai nilai tuntas 4) terdapat peningkatan keterampilan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran tematik tema 7 pelajaran Bahasa Indonesia kelas I setelah menerapkan metode suku kata berbantuan media flash card di SDN 07 Sungai Kakap tahun ajaran 2022/2023yaitu terdapat peningkatan dalam keterampilan membaca permulaan dari siklus I kes siklus II mengalami peningkatan sebesar 43%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Membaca Permulaan en_US
dc.subject Metode Suku Kata en_US
dc.subject Media Flash Card en_US
dc.title PENERAPAN METODE SUKU KATA DI BANTU DENGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 07 SUNGAI KAKAP en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account