dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilam membaca
permulaan peserta didik kelas I melalui metode pembelajaran multisensori dengan
berbantuan kartu huruf pada tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 SDN 38 sungai raya
tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri
dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN 38
Sungai Raya, sejumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
model interaktif.
Berdasarkan penelitian ini menunjukkan peningkatan keterampilan
membaca permulaan. Ketuntasan klasikal minimal 75% dan pada pratindakan
dengan rata-rata 65,6 dan ketuntasan klasikal sebesar 9,10%, jumlah peserta didik
yang tidak mendapatkan kriteria baik 25 orang dan dengan kriteria baik 9 orang,
untuk siklus I mengalami peningkatan rata-rata sebesar 71,6 ketuntasan klasikal
yaitu 15,15% dan peserta didik yang kriterianya baik 5 orang dan yang tidak
mendapatkan kriteria baik 28 orang. di siklus II mengalami peningkatan dengan
rata-rata 82,3 untuk ketuntasan klasikal sebesar 87,87% dan untuk peserta didik
dengan kriteria baik 29 orang dan yang tidak mendapatkan kriteria baik 4 orang.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode
pembelajaran multisensori dengan berbantuan media kartu huruf dapat
meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik pada tema 8
subtema 1 pembelajaran 1 kelas I SDN 38 Sungai Raya. |
en_US |