Abstract:
Peningkatan kualitas tenaga dalam dunia perbankan sangat diperlukan
dalam proses kemajuan kualitas pelayanan karyawan terhadap nasabah. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kompensasi memberikan pengaruh
yang signifikan secara parsial terhadap kuliatas pelayanan serta juga untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh kompensasi terhadap kualitas pelayanan
pada Bank Syariah Indonesia KCP Ahmad Yani 2 Pontianak
Penelitian ini dilakukan pada Bank Syariah Indonesia KCP Ahmad Yani 2
Pontianak, penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu kompensai dan variabel
terikat yaitu kualitas pelayanan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian
ini berjumlah 30 responden dengan menggunakan metode sampel jenuh. Uji
hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode Regresi Sederhana. Data
analisis dengan menggunakan software statistik SPSS 25.0.
Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data serta uji hipotesis ditemukan
nilai koefisien regresi pada variabel kompensasi sebesar 22,4% dengan nilai t
hitung 2.567 > t tabel 2.049 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 sehingga pada
variabel X diperolah bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yakni, variabel
kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pada
Bank Syariah Indonesia. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi terlihat
Adjusted R Square sebesar 0,379 atau 37,9% maka kompensasi mempengaruhi
Kualitas pelayanan sebesar 37,9% sedangkan sisanya 62,1% dijelaskan banyak
variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.