Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mengingat betapa pentingnya
strategi pemasaran dalam mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan,
terutama dalam menarik minat nasabah. Tanpa adanya strategi pemasaran,
masyarakat tidak akan mengenal produk yang ada di perusahaan tersebut.
Demikian pula dengan produk pembiayaan pensiun yang ada di Bank
Syariah Indonesia KCP Pontianak Diponegoro.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Jalan
Diponegoro Nomor 95, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak,
Kalimantan Barat, Indonesia dengan menggunakan teknik wawancara dan
dokumentasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui strategi
pemasaran yang diterapkan Bank Syariah Indonesia KCP Pontianak
Diponegoro dan untuk mengetahui dampak strategi pemasaran yang
dilakukan, serta hambatan yang dialami dalam memasarkan produk
pembiayaan pensiun. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan
metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Dari hasil penelitian tersebut didapatlah hasil kesimpulan penelitian
ini, yaitu Bank Syariah Indonesia KCP Pontianak Diponegoro menggunakan
strategi bauran pemasaran (marketing mix) dengan variabel produk
(product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang
(people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence). Strategi
tersebut digunakan dalam memasarkan produk pembiayaan pensiun kepada
para pensiunan. Adapun dampak yang terjadi yaitu meningkatkan portofolio
pembiayaan pensiun dan hambatan yang dialami berasal dari internal dan
eksteral.