Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan, pelayanan
jasa dan kepuasan nasabah pada revolusi 4.0 pada Perbankan Syariah. Penelitian
ini yaitu penelitian survei. Populasi yang digunakan pada kajian ini yakni nasabah
Bank Syariah di kota Pontianak. Sampel yang dipakai 100 responden yang
dilakukan dengan teknik non probability. Adapun metode yang dipakai yakni
metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Uji validitas instrummen
menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan uji reabilitas memakai
Alpha Cronbach. Analisis yang dipakai yakni analisia jalur Regresi Berganda, uji
hipotesis menggunakan koefisien ketetapan model atau determinasi (R2)M
pengujian secara parsial (uji t) dan simultan (f). Data yang dilakukan penelitian ini
yakni data primer yang diambil menggunakan kuesioner. Penguji data dilakukan
dengan bantuan program SPSS 16.
Hasil penelitian ini menemukan jika: 1) variable kualitas pelayanan taka
da berpengaruh secara signifikan secara parsial pada revolusi 4.0, 2) variable
pelayanan jasa tidak berpengaruh signifikan pada revolusi 4.0 pada Perbankan
Syariah, 3) variable kepuasan nasabah berpengaruh secara signifikan pada
revolusi 4.0 pada Perbankan syariah.