Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Aplikasi Quick
Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Nasabah Bank Kalbar Cabang
Syariah Sambas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode
penelitian kualitatif. Data penelitian ini menggunakan data primer dalam bentuk
wawancara. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa prosedur implementasi QRIS di
Bank Kalbar Cabang Syariah Sambas terbagi menajadi dua tahap, yaitu: (1) Tahap
pembuatan QRIS yang meliputi pengajuan pembukaan rekening/tabungan,
registrasi mobile banking, pengajuan permohonan mencetak barcode, analisa
usaha, dan barcode dicetak, dan (2) Tahap penggunaan QRIS yang meliputi
pembayaran jenis konsumtif dan pembayaran jenis amal ibadah. Hambatan yang
dihadapi oleh Bank Kalbar Cabang Syariah Sambas yaitu tingkat literasi keuangan
digital masyarakat Sambas masih rendah, jaringan internet, masih banyak nasabah
yang melakukan transaksi tunai, pengenaan biaya 0,3% dari nilai transaksi
pembayaran ke pihak merchant (pelaku UMKM).