Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh product knowledge
terhadap minat menabung mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan
2019 IAIN Pontianak di Bank Syariah Indonesia. (2) Pengaruh kepercayaan
terhadap minat menabung mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan
2019 IAIN Pontianak di Bank Syariah Indonesia. (3) Pengaruh product knowledge
dan kepercayaan terhadap minat menabung mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Angkatan 2019 IAIN Pontianak di Bank Syariah Indonesia
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan
metode simple random sampling menggunakan rumus slovin. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada mahasiswa FEBI
Angkatan 2019 IAIN Pontianak. Pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah 86 orang. Kemudian data diolah menggunakan SPSS Versi 21.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier
berganda. Dalam uji instrument data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.
Sedangkan untuk uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, multikolineritas,
dan uji heteroskedastisitas. Adapun dalam uji hipotesis menggunakan uji t (parsial),
uji f (simultan), dan uji koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Variabel Product Knowledge
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Menabung Mahasiswa FEBI
Angkatan 2019 IAIN Pontianak di Bank Syariah Indonesia. (2) Variabel
Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Menabung
Mahasiswa FEBI angkatan 2019 IAIN Pontianak di Bank Syariah Indonesia. (3)
Variabel Product Knowledge dan Kepercayaan secara simultan berpengaruh
signifikan terhadap Minat Menabung Mahasiswa FEBI angkatan 2019 IAIN
Pontianak di Bank Syariah Indonesia.