Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis pengaruh
kualitas sumber daya manusia terhadap kepuasan nasabah pada Bank Kalbar
Syariah Pontianak cabang pembantu Husein Hamzah. 2)Untuk menganalisis
pengaruh mutu layanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Kalbar
Syariah Pontianak cabang pembantu Husein Hamzah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank Kalbar Syariah Cabang
Pembantu Husein Hamzah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 81
responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner.
Setelah data terkumpul, metode analisis data yang digunakan dengan bantuan
SPSS 26 untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas sumber daya manusia
(X1) dan mutu layanan (X2) terhadap kepuasan nasabah (Y).
Hasil dari perhitungan ini menunjukan bahwa variabel kualitas
sumber daya manusia (X1) dan mutu layanan (X2) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan nilai determinasi sebesar
74%.