Abstract:
Latar belakang penelitian ini yaitu adanya dinamika di Pondok
Pesantren Darul Ulum Kubu Raya yang sampai saat ini masih terus
melakukan pengembangan seiring dengan kemajuan dan perkembangan
zaman. Pada awalnya pesantren hanya merupaka sebagai tempat
menuntut ilmu agama, lain halnya dengan sekarang, pesantren telah
hadir dengan perubahan perubahan baru yang dibuktikan dengan adanya
lembaga lembaga formal bahkan sampai dengan perguruan Tinggi
namun walaupun demikian tidak merubah tujuan utama dari Pondok
Pesantren yaitu mencetak insan kamil yang beriman dan bertaqwa.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tentang:
1) Perkembangan kelembagaan formal di Pondok Pesantren Darul
Ulum Kubu Raya, 2) Perkembangan kelembagaan non formal di
Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya, 3) Dampak perkembangan
pendidikan formal dan non formal terhadap mutu pembelajaran di
madrasah.
Penelitian ini menggunakan metode desktiptif dengan jenis
penelitian kualitatif dengan pendekatan ilmiah. Sumber data adalah
pimpinan pesantren, kepala lembaga, alumni dan santri. Sementara
teknik dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi data serta kesimpulan. Keabsahan data
dengan menggunakan teknik triangulasi dan diskusi.
Penelitian ini menghasilkan simpulan berikut: 1) Perkembangan
kelembagaan Formal di Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya
yaitu memiliki jenjang pendidikan dari tingkat dasar sampai perguruan
tinggi, menciptakan budaya disiplin, tangguh dan amanah. Juga
memiliki karakteristik kelembagaan, system keuangan dan perencanaan
kelembagaan yang bersifat tahunan. 2) Perkembangan kelembagaan
Non Formal di Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya yaitu adanya
program pengembangan berupa Tafaqquh, Tahsin Qur’an, Program
Bahasa, dan programAmtsilatiserta terdapat perencanaan pengembangan
lembaga juga pengelolaan dan pengorganisasian lembaga yang bersifat
sistemik. 3) Dampak perkembangan pendidikan Formal dan Non formal
terhadap mutu pembelajaran di madrasah yaitu terjadi pola perubahan
kinerja dan pola pikir dalam tugas serta ada evaluasi atau penilaian kinerja dengan mengetahui keriteria mutu pembelajaran. Menciptakan
strategi peningkatan mutu pembelajaran dengan adanya pembentukan
kinerja pengurus dan pendidik baik lembaga formal dan non formal
dengan tujuan ada pembentukan karakter terhadap siswa atau santri.