DINAMIKA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KUBU RAYA ERA KEPEMIMPINAN KH.CHAIRUMAN AR RAHBINI TAHUN 1977 - 2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.author Anwar, Anwar
dc.date.accessioned 2023-10-23T02:31:29Z
dc.date.available 2023-10-23T02:31:29Z
dc.date.issued 2023-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4087
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini yaitu adanya dinamika di Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya yang sampai saat ini masih terus melakukan pengembangan seiring dengan kemajuan dan perkembangan zaman. Pada awalnya pesantren hanya merupaka sebagai tempat menuntut ilmu agama, lain halnya dengan sekarang, pesantren telah hadir dengan perubahan perubahan baru yang dibuktikan dengan adanya lembaga lembaga formal bahkan sampai dengan perguruan Tinggi namun walaupun demikian tidak merubah tujuan utama dari Pondok Pesantren yaitu mencetak insan kamil yang beriman dan bertaqwa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) Perkembangan kelembagaan formal di Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya, 2) Perkembangan kelembagaan non formal di Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya, 3) Dampak perkembangan pendidikan formal dan non formal terhadap mutu pembelajaran di madrasah. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan ilmiah. Sumber data adalah pimpinan pesantren, kepala lembaga, alumni dan santri. Sementara teknik dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi dan diskusi. Penelitian ini menghasilkan simpulan berikut: 1) Perkembangan kelembagaan Formal di Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya yaitu memiliki jenjang pendidikan dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi, menciptakan budaya disiplin, tangguh dan amanah. Juga memiliki karakteristik kelembagaan, system keuangan dan perencanaan kelembagaan yang bersifat tahunan. 2) Perkembangan kelembagaan Non Formal di Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya yaitu adanya program pengembangan berupa Tafaqquh, Tahsin Qur’an, Program Bahasa, dan programAmtsilatiserta terdapat perencanaan pengembangan lembaga juga pengelolaan dan pengorganisasian lembaga yang bersifat sistemik. 3) Dampak perkembangan pendidikan Formal dan Non formal terhadap mutu pembelajaran di madrasah yaitu terjadi pola perubahan kinerja dan pola pikir dalam tugas serta ada evaluasi atau penilaian kinerja dengan mengetahui keriteria mutu pembelajaran. Menciptakan strategi peningkatan mutu pembelajaran dengan adanya pembentukan kinerja pengurus dan pendidik baik lembaga formal dan non formal dengan tujuan ada pembentukan karakter terhadap siswa atau santri. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Dinamika Pondok Pesantren en_US
dc.subject Kepemimpinan en_US
dc.title DINAMIKA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KUBU RAYA ERA KEPEMIMPINAN KH.CHAIRUMAN AR RAHBINI TAHUN 1977 - 2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account