Abstract:
Toxic friendship kerap muncul pada beberapa kelompok pertemanan pada
siswa SMK Panca Bhakti sungai raya. pertemanan pada siswa mememiliki
beberapa pola pertemanan personal dengan personal, personal dengan kelompok.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan pencegahan Toxic friendship pada
siswa SMK Panca Bhakti sungai raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif yaitu peneliti mengungkapkan suatu realita atau fakta
fenomenal sosial. Peneliti secara aktif berinteraksi dengan subjek penelitian.
Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder dengan
responen dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam, wali kelas,
dan siswa. Teknik memperoleh data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Proses analisis data dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
simpulan. Peneliti mengumpulkan informasi untuk difokuskan dalam penelitian ini
sehingga dapat menyajikan data yang lebih mendalam dan dapat menarik hasil
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan kondisi yang dialami para siswa dalam
menanggapi stimulus yang diberikan pengaruh Toxic friendship. Peran guru dalam
pencegahan toxic friendship dapat dilakukan dengan kompetensi guru. Kompetensi
kepribadian guru mampu menjadi suri tauladan, kompetensi pedagogik guru
mampu memberikan materi ajar tentang menghargai orang lain, kompetensi
profesional guru mampu memberikan pengajaran dan penilain yang sesuai dengan
kemampuan siswa, kompetensi sosial guru mampu berinteraksi dan pendekatan
dengan siswa. Dalam melakukan pencegahan guru melakukan kegiatan didalam
kelas maupun di luar kelas intrakulikuler dan ekstrakulikuler. Keberhasilan guru
dalam pencegahan toxic friendship berkurangnya masalah yangdi alami oleh siswa.
Bagi siswa yang terdampak Toxic friendship dominannya mendapatkan bentuk
perlakuan pengkritik yang kasar dan tidak mau mengalah. Kemudian dampak yang
dialami dominan merasakan kemarahan, dan menimbulkan respon yang timbul
yaitu beberapa siswa memilih diam dan ada juga yang menjaga jarak dengan
kelompok pertemanan.