Abstract:
Penelitin ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah berkaitan dengan
kemampuan membaca Al-Qur’an dengan makharijul huruf. Ditemukan pada
observasi awal, bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an dengan makharijul
huruf peserta didik masih banyak yang berada di bawah KKM = 70 sekitar 17
orang dari 25 peserta didik. Berkaitan dengan masalah ini, peneliti bertujuan
untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode talaqqi
untuk meningkatkan kemampuan makharijul huruf pada siswa kelas II A di
MIS Nurul Muslimin Sungai Raya, 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan
makharijul huruf siswa kelas II A di MIS Nurul Muslimin sebelum
menggunakan metode talaqqi, 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan
makharijul huruf siswa kelas II A di MIS Nurul Muslimin sesudah
menggunakan metode talaqqi, 4) Untuk mendeskripsikan peningkatan
kemampuan makharijul huruf siswa kelas II A di MIS Nurul Muslimin
menggunakan metode talaqqi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian
Action Research Classroom (Penelitian Tindakan Kelas). Lokasi penelitian
bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Muslimin Sungai Raya.
Penelitian ini dilakukan di kelas IIA pada semester Genap Tahun Pelajaran
2023/2014. Siklus pada panelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus,
siklus 1 dan siklus 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi, teknik pengukuran (tes) dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan
data yang digunakan adalah lembar tes lisan, lembar observasi dan perangkat
elektronik. Teknik analisis yang digunakan adalah perhitungan rata-rata nilai
presentase ketuntasan dan analisis inferensial.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Penerapan metode talaqqi
dalam membaca Al-Qur’an Surah Al-Quraisy dengan makharijul huruf kelas
IIA MIS Nurul Muslimin Sungai Raya, 100% berjalan sesuai dengan
langkah-langkah yang ditetapkan dalam RPP, 2) Kemampuan peserta didik
dalam membaca Al-Qur’an dengan makharijul huruf kelas IIA pada tahap
prasiklus (tanpa menggunakan metode talaqqi) rata-ratanya adalah 66,42
dengan presentase ketuntasan 32% sebanyak 8 peserta didik tuntas dan 17
peserta didik lainnya tidak tuntas, 3) Kemampuan peserta didik dalam
membaca Al-Qur’an Surah Al-Quraisy dengan makharijul huruf kelas IIA
pada tahap siklus 1 (menggunakan metode talaqqi) rata-ratanya adalah 71,06
dengan presentase ketuntasan sebesar 64% dan siklus 2 (menggunakan
metode talaqqi ) rata-ratanya adalah 74,98 dengan presentase ketuntasan 84%, 4) Penerapan metode talaqqi berpengaruh sebesar 52% dengan kenaikan
rata-rata sebesar 8,56 terhadap peningkatan kemampuan peserta didik dalam
membaca Al-Qur’an dengan makharijul huruf pada QS. Al-Quraisy kelas IIA
MIS Nurul Muslimin Sungai Raya.