PENERAPAN METODE TALAQQI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAKHARIJUL HURUF PADA SISWA KELAS II A DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL MUSLIMIN SUNGAI RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariansyah, Hariansyah
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Sari, Yunita
dc.date.accessioned 2023-10-20T08:07:40Z
dc.date.available 2023-10-20T08:07:40Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4079
dc.description.abstract Penelitin ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah berkaitan dengan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan makharijul huruf. Ditemukan pada observasi awal, bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an dengan makharijul huruf peserta didik masih banyak yang berada di bawah KKM = 70 sekitar 17 orang dari 25 peserta didik. Berkaitan dengan masalah ini, peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode talaqqi untuk meningkatkan kemampuan makharijul huruf pada siswa kelas II A di MIS Nurul Muslimin Sungai Raya, 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan makharijul huruf siswa kelas II A di MIS Nurul Muslimin sebelum menggunakan metode talaqqi, 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan makharijul huruf siswa kelas II A di MIS Nurul Muslimin sesudah menggunakan metode talaqqi, 4) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan makharijul huruf siswa kelas II A di MIS Nurul Muslimin menggunakan metode talaqqi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian Action Research Classroom (Penelitian Tindakan Kelas). Lokasi penelitian bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Muslimin Sungai Raya. Penelitian ini dilakukan di kelas IIA pada semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2014. Siklus pada panelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik pengukuran (tes) dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes lisan, lembar observasi dan perangkat elektronik. Teknik analisis yang digunakan adalah perhitungan rata-rata nilai presentase ketuntasan dan analisis inferensial. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Penerapan metode talaqqi dalam membaca Al-Qur’an Surah Al-Quraisy dengan makharijul huruf kelas IIA MIS Nurul Muslimin Sungai Raya, 100% berjalan sesuai dengan langkah-langkah yang ditetapkan dalam RPP, 2) Kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an dengan makharijul huruf kelas IIA pada tahap prasiklus (tanpa menggunakan metode talaqqi) rata-ratanya adalah 66,42 dengan presentase ketuntasan 32% sebanyak 8 peserta didik tuntas dan 17 peserta didik lainnya tidak tuntas, 3) Kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an Surah Al-Quraisy dengan makharijul huruf kelas IIA pada tahap siklus 1 (menggunakan metode talaqqi) rata-ratanya adalah 71,06 dengan presentase ketuntasan sebesar 64% dan siklus 2 (menggunakan metode talaqqi ) rata-ratanya adalah 74,98 dengan presentase ketuntasan 84%, 4) Penerapan metode talaqqi berpengaruh sebesar 52% dengan kenaikan rata-rata sebesar 8,56 terhadap peningkatan kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an dengan makharijul huruf pada QS. Al-Quraisy kelas IIA MIS Nurul Muslimin Sungai Raya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Talaqqi en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.subject Surah Al-Quraisy en_US
dc.subject Makharijul Huruf en_US
dc.title PENERAPAN METODE TALAQQI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAKHARIJUL HURUF PADA SISWA KELAS II A DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL MUSLIMIN SUNGAI RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account