Abstract:
Penelitian ini berangkat dari fokus penelitian yaitu: pertama, bagaimana
kedisiplinan belajar siswa kelas VIIA di Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar
Pontianak; kedua, apa faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar
siswa di Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Pontianak; dan ketiga,
bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar
siswa di Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Pontianak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini ialah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa: observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa: kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data
berupa trianggulasi, member check, dan ketekunan pengamatan.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: Pertama, ada
dua indikator kedisiplinan belajar yang tidak terlaksanakan di MTs Mathla’ul
Anwar Pontianak dimana mulai dari peneliti melakukan observasi awal hingga
saat peneliti melakukan penelitian, indikator nya adalah membiasakan hadir tepat
waktu dan memanfaatkan waktu luang. Kedua, faktor yang mempengaruhi
disiplin belajar siswa di MTs Mathla’ul Anwar Pontianak ialah faktor internal
yaitu minat, dan faktor eksternal sanksi dan hukuman serta lingkungan atau situasi
sekolah. Ketiga, upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam meningkatkan
kedisiplinan belajar siswa di MTs Mathla’ul Anwar Pontianak ialah melakukan
absen di awal waktu masuk kelas, memberikan pengarahan, memberikan nasihat
dan memberikan teladan.